(الدراسة أدبية) : العناصر الداخليه في مسرحية الفرعون الموعود لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afiras, DaffaAfiras (2021) (الدراسة أدبية) : العناصر الداخليه في مسرحية الفرعون الموعود لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Daffa Afiras_A91217101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Drama “Al-Firaun Al-Mau’ud” merupakan salah satu karya Ali Ahmad Bakatsir yang mengandung unsur – unsur Intrinsik yang sangat menarik untuk dibahas bagi peneliti. Unsur Intrinsik tersebut terdiri dari Tema, Tokoh Penokohan, Alur, Tempat, Amanah, dan Gaya Bahasa. Drama ini terdiri dari enam babak yang menceritakan tentang sepasang kekasih yang saling mencintai sampai akhirnya salah satu dari mereka menghianati cinta tersebut. Masalah dari drama tersebut adalah Bagaimana unsur – unsur intrinsik yang terkandung dalam drama “Al-Fir’aun Al-Mau’ud” karya Ali Ahmad Bakatsir ? Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam unsur drama tersebut. Kualitatif merupakan metode menginterpretasikan data – data yang telah ditentukan, kemudian data tersebut dikualifikasikan sesuai permasalahan yang ada di dalam penelitian ini. Deskriptif merupakan metode memaparkan atau mendeskripsikan data – data yang telah diperoleh secara rinci dan cermat. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis unsur – unsur intrinsik yang terdapat pada drama Al-Fir’aun Al-Mau’ud karya Ali Ahmad Bakatsir. Tokoh utama dalam drama ini adalah Bata. kemudian tokoh pembantu dan juga pendukung adalah Anbu, Sayruna, Nefrora, Fir’aun, Syeikh, Ifa, Amur, Bustani, dan Qabalah. Alur dalam drama ini adalah alur maju karena menceritakan secara urut dari awal sampai akhir kisah dan berakhir dengan kesedihan. Latar dalam drama ini bertempat di Lebanon, Mesir, dan Istana Fir’aun. Uslub atau gaya bahasa yang terdapat dalam drama ini adalah: Kalam Insya’i dan Kalam Khobari. Amanat yang dapat kita ambil dalam drama ini adalah untuk selalu menjaga hubungan satu sama lain dengan penuh tanggung jawab, dan kita selalu percaya pada orang yang kita pahami agar tidak dapat terpengaruh oleh hasutan orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afiras, DaffaAfirasdaffa.alfiras@gmail.comA91217101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Unsur Intrinsik; Al-Fir’aun Al-Mau’ud; Ali Ahmad Bakatsri.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Daffa Afiras Afiras
Date Deposited: 12 Jul 2021 15:37
Last Modified: 12 Jul 2021 15:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48333

Actions (login required)

View Item View Item