Studi analisis akurasi arah kiblat masjid-masjid di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizki, Setya Pamungkas (2021) Studi analisis akurasi arah kiblat masjid-masjid di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabya.

[img] Text
Rizki Setya Pamungkas_C08216021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian untuk skripsi ini ialah metode penelitian lapangan (field research). Data yang dikumpulkan meliputi informasi umum masjid-masjid di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, metode penentuan arah kiblat masjid dan arah kiblat masjid sekarang ini melalui penggalian observasi, wawancara, dan studi dokumen yang bersumber dari takmir masjid dan dokumen masjid, beberapa masjid yang menjadi objek penelitian yakni masjid Babussalam dan masjid An Nur. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif untuk memaparkan subyek penentu, metode hisab, dan metode pengukuran yang dilakukan dalam menentukan arah kiblat masjid yang ada sekarang dengan dengan arah kiblat masjid yang akurat dengan berdasarkan metode pengukuran arah kiblat dengan menggunakan Mizwala Qibla Finder dan Theodolite. Berdasarkan hasil penelitian: Pertama, metode penentuan arah kiblat yang dilakukan oleh takmir masjid Babussalam dan An Nur. Untuk masjid Babussalam metode pengukurannya menggunakan kompas, dan penentunya dilakukan oleh pak Imron dan beberapa panitia pembangunan. Kemudian untuk masjid An Nur penentunya yakni ustad An Nas dengan menggunakan metode penentuan arah kiblatnya yakni kompas dan google maps. Kedua, untuk pandangan masyarakat sekitar masjid Babussalam yakni mendukung sepenuhnya jika akan dilakukan pengukuran arah kiblat ulang apabila arah kiblat masjid melenceng, dan untuk masjid An Nur masyarakatnya menanggapi jika benar arah kiblat masjid An Nur melenceng akan tetapi tidak masalah dan tidak perlu diadakan pengecekan dan perubahan arah kiblat ulang. Ketiga, akurasi untuk kedua masjid tersebut menggunakan alat yakni mizwala dan theodolite, dan hasilnya untuk arah kiblat masjid Babussalam melenceng 7º-an lebih kearah utara dari kiblat yang seharusnya, dan masjid An Nur melenceng 4º-an lebih keutara dari kiblat yang seharusnya. Peneliti menambahkan saran sesuai dengan hasil yang didapat, mengenai arah kiblat masjid-masjid di kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo ataupun untuk wilayah sekitarnya agar mengecek dan menyelaraskan arah kiblatnya kearah yang sebenarnya dan menggunakan alat yang memang sudah direkomendasikan untuk penentuan arah kiblat khususnya arah kiblat masjid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizki, Setya Pamungkasrizkipamungkas02@gmail.comC08216021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhkmad, MukarramUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Astronomi
Keywords: Arah kiblat; Akurasi Arah Kiblat, Masjid-Masjid, kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Rizki Setya Pamungkas
Date Deposited: 17 Jul 2021 10:56
Last Modified: 17 Jul 2021 10:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48326

Actions (login required)

View Item View Item