PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATA ELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS V MI NURUL HUDA I

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmawati, Rohmawati (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATA ELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS V MI NURUL HUDA I. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang selama ini menjadi momok bagi siswa, untuk itu peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas mata pelajaran matematika soal cerita untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam menyelesaikan suatu soal cerita dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Nopember di MI. Nurul Huda I Surabaya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual (CTL) mempunyai dampak positif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika pada pemahaman soal cerita. Itu semua dapat diketahui pada nilai rata-rata kelas yang diperoleh selama proses belajar mengajar dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 58,9 kemudian siklus II sebesar 80,3.
Untuk itu diharapkan guru dapat meningkatkan kinerjanya agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan sebelumnya. Penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran dapat dikatakan berhasil, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam hasil belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ilun Muallifah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmawati, RohmawatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendekatan
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning; Soal Cerita; Pecahan
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 07:26
Last Modified: 09 Feb 2015 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item