Analisis dampak pembangunan infrastruktur terhadap tingkat pendapatan UMKM di wilayah Kenjeran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Almasiyah, Cindy Lovita (2021) Analisis dampak pembangunan infrastruktur terhadap tingkat pendapatan UMKM di wilayah Kenjeran Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cindy Lovita Almasiyah_G71216062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan informan dalam penelitian ini yaitu instansi terkait, seperti Kasi Perekonomian Kecamatan Bulak, Bappeko Surabaya, serta salah satu pelaku UMKM di wilayah Kenjeran. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanyapembangunan infrastruktur di Kenjeran berdampak terhadap tingkat pendapatan UMKM di wilayah Kenjeran. Adanya penambahan infrastruktur seperti Jembatan Suroboyo, Taman Suroboyo yang menjadi ikon baru di kawasan wisata membuat banyak wisatawan berkunjung ke wilayah Kenjeran. Tentu saja hal ini akan menjadi pengungkit produktivitas perekonomian. Adapun dampak lainnya yang dirasakan oleh pelaku UMKM yaitu adanya relokasi stand jualan UMKM ke stand Sentra Ikan Bulak, basic UMKM di Kenjeran berubah dari tradisional ke modern, jumlah UMKM yang semakin meningkat setiap tahunnya dilihat dari hasil monitoring Kecamatan Bulak yaitu pada tahun 2017 sejumlah 219 UMKM lalu pada tahun 2019 jumlahnya menjadi 480 UMKM, laluPara pelaku UMKM di berikan legalitas dengan SIUP secara gratis, Pemerintah memberikan program pelatihan kepada para UMKM sehingga membuat mereka mampu berinovasi. Hal tersebutlah yang membuat pendapatan UMKM di wilayah Kenjeran meningkat setelah adanya pembangunan infrastruktur. Meningkatnya Pendapatan UMKM di Kenjeran juga di bisa di lihat dari hasil monitoring yaitu pada tahun 2017-2018 peningkatan sebesar 24,5% lalu pada tahun 2018-2019 peningkatan sebesar 25,7%. Pemerintahan Kota Surabaya diharapkan bisa terus melakukan pembangunan infrastruktur di wilayah Kenjeran serta pembangunan-pembangunan berkelanjutan kedepannya. Dan untuk instansi Kecamatan Bulak diharapkan untuk terus melakukan monitoring perkembangan UMKM di Kenjeran. Hal ini diharapkan agar masyarakat di wilayah Kenjeran mampu berkembang dan sejahtera, terutama pada perekonomian para pelaku UMKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Almasiyah, Cindy Lovitacindylovita94@gmail.comG71216062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisornurlailah, nurlailahlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Pembangunan
Keywords: Dampak Pembangunan Infrastruktur; Tingkat Pendapatan; UMKM; Kenjeran.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Cindy Lovita Almasiyah
Date Deposited: 08 Jul 2021 06:25
Last Modified: 08 Jul 2021 06:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48291

Actions (login required)

View Item View Item