Implementasi program kerja melalui pemerataan distribusi zakat kepada para Mustahiq: studi kasus di badan amil zakat nasional (BAZNAS) Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syani, Diah Adinda (2021) Implementasi program kerja melalui pemerataan distribusi zakat kepada para Mustahiq: studi kasus di badan amil zakat nasional (BAZNAS) Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diah Adinda Syani_G05217006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab pertanyaan yang tertuang dalam rumusan masalah, meliputi: bagaimana implementasi program kerja Badan Amil Zakat Nasional provinsi Jawa Timur? Serta bagaimana pemerataan distribusi zakat kepada para mustahiq yang dilakukan oleh BAZNAS JATIM?. Penulisan dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer yang Penulis gunakan adalah sumber data yang diperoleh langsung oleh peneliti kepada narasumber, baik itu dari pegawai BAZNAS JATIM, dan orang yang berzakat. Sedangkan data sekunder yang Penulis gunakan adalah skripsi dan jurnal yang membahas tentang implementasi program kerja Badan Amil Zakat dan pemerataan distribusi zakat kepada para mustahiq. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini secara garis besar dilakukan dengan beberapa tahapan berikut: 1) Mengumpulkan data, 2) Observasi program kerja melalui pemerataan distribusi zakat, dan 3) Analisis program kerja BAZNAS JATIM menurut teori POAC. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan beberapa informasi pengetahuan, fakta dan data.
Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa BAZNAS JATIM memiliki lima program kerja, yaitu Jatim Peduli, Jatim Sehat, Jatim Makmur, Jatim Taqwa, dan Jatim Cerdas yang sesuai dengan teori POAC. Sedangkan pendistribusian dana zakat BAZNAS JATIM belum merata kepada delapan ashnaf, satu golongan mustahiq yang belum mendapatkan zakat yaitu riqab. Dengan berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin maju, akan menantang ilmu manajemen zakat untuk tetap eksis di masa depan. Maka diharapkan penelitian ini dapat di upgrade mengikuti versi selanjutnya, baik kepada pembaca maupun kepada peneliti selanjutnya, sehingga dapat berjalan pada sistem operasional yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syani, Diah Adindadindatsani2@gmail.comG05217006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaoki, Saokisauqiamin@gmail.com2004047405
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Zakat
Amil Zakat
Keywords: Baznas; Zakat; Mustahiq.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Dinda Adinda Syani
Date Deposited: 06 Jul 2021 06:13
Last Modified: 06 Jul 2021 06:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48274

Actions (login required)

View Item View Item