"التناص الأدبي في مسرحية "محمد صلى الله عليه وسلم لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Kholifah Wahidatun (2021) "التناص الأدبي في مسرحية "محمد صلى الله عليه وسلم لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kholifah Wahidatun Nisa'_A91217114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Drama adalah sebuah karya tulis sastra yang ditampilkan di atas panggung oleh para aktor dan aktris. Menulis naskah drama merupakan keterampilan yang paling sulit untuk dilakukan oleh seorang sastrawan karena sastrawan tersebut harus mewujudkan imajinasinya ke dalam sebuah gaya bahasa, gerak tubuh, serta situasi kondisi yang akan ditampilkan dalam drama tersebut. Salah satu dramawan Mesir yang terkenal dengan Teater Psikisnya yaitu Taufiq Al-Hakim. Naskah drama yang ditulisnya disebut Teater Psikis karena sulit untuk ditampilkan di atas panggung. Dari sekian banyak naskah drama yang ditulisnya yaitu “Muhammad SAW” yang merupakan sebuah biografi tentang kehidupan Rasul SAW yang dituangkan dalam bentuk drama. Dalam sebuah naskah tentu seorang sastrawan mempunyai inspirasi untuk menjadi ide pokok selama penulisan karya sastranya. Seorang sastrawan tidak dapat menulis tanpa adanya sebuah sumber yang menginspirasi kepenulisannya dan mencuplik sebagian dari sumber-sumber tersebut. Hal inilah yang biasa disebut dengan intertekstual. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Apa saja bentuk-bentuk interteks dalam naskah drama “Muhammad SAW” karya Taufiq Al-Hakim?, Kedua, Apa saja pengaruh yang timbul terhadap naskah drama “Muhammad SAW? Dalam menganalisis nilai-nilai sastra yang terkandung dalam syair ini tentu dibutuhkan sebuah teori yang dapat membantu peneliti dalam menganalisis data. Teori yang dipakai oleh peneliti adalah teori Balaghah khususnya Ilmu Badi’ Metode yang digunakan dalam penelian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Peneliti membaca, menganalisis, dan mengklasifikasikan hasil penelitian sesuai dengan hasil yang diinginkan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa dalam naskah drama “Muhammad SAW” terdapat interteks langsung sebanyak 22 data dan interteks tidak langsung sebanyak 9 data. Adapun pengaruh naskah-naskah sebelumnya terhadap naskah drama “Muhammad yaitu nilai agama islam dan Al-qur’an sebagai pondasi kepenulisan naskah drama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Kholifah Wahidatunkholifahnisa06@gmail.comA91217114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Subjects: Bahasa Arab
Linguistik
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Interteks; Drama; Taufiq Al-Hakim.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Kholifah Wahidatun Nisa'
Date Deposited: 08 Jul 2021 06:41
Last Modified: 08 Jul 2021 06:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48260

Actions (login required)

View Item View Item