Analisis hukum islam teradap praktik jual beli Uncut Banknotes (uang kertas bersambung) di Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alviyani, Lia (2021) Analisis hukum islam teradap praktik jual beli Uncut Banknotes (uang kertas bersambung) di Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lia Alviyani_C02217023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diambil dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Data yang diambil dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung untuk memperdalam data dari lokasi penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pola pikir induktif, yaitu pola pikir yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian data yang didapat dianalisa berdasarkan teori hukum Islam, sehingga dapat ditemukan pemecahan persoalan dari rumusan masalah yang ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam analisis hukum Islam, praktik jual beli Uncut Banknotes (uang kertas bersambung) hukumnya tidak sah karena tidak ada keseimbangan dan kesamaan kualitas antar mata uang. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan transaksi uncut ini diperbolehkan atau sah-sah saja untuk dilakukan. Pertama, karena transaksi ini dilakukan secara kontan (tunai). Kedua, kelebihan harga pada penjualan uang uncut ini dititikberatkan bukan pada nilai atau fungsi asli dari uang, melainkan pada keunikan obyeknya. Ketiga, berdasarkan nilai dan fungsinya jual beli uncut ini diperbolehkan karena status uang ini sudah beralih fungsi menjadi barang antik yang bernilai lebih tinggi. Sejalan dengan temuan diatas disarankan, Pertama, hendaknya dalam melakukan peredaran dan penjualan uang uncut, Bank Indonesia dapat melakukan sosialisasi terkait layanan operasional jual beli uncut kepada masyarakat. Kedua, kepada masyarakat yang akan melakukan transaksi atau pembelian mata uang, alangkah baiknya menambah wawasan ilmu pengetahuan agar tidak salah dalam bertransaksi dan dapat membedakan nilai atau fungsi dari obyek atau mata uang yang diperjualbelikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alviyani, Lialiaalviyani512@gmail.comC02217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muh.msholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Mata Uang
Keywords: Jual Beli Mata Uang; Uncut Banknotes.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Lia Alviyani
Date Deposited: 05 Jul 2021 12:55
Last Modified: 05 Jul 2021 12:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48231

Actions (login required)

View Item View Item