Efektivitas media video berbasis powerpoint dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar tema 7 subtema 3 di kelas IV B MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Putri Oktavia (2021) Efektivitas media video berbasis powerpoint dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar tema 7 subtema 3 di kelas IV B MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Oktavia Damayanti_D97217109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meluasnya wabah Covid-19 sehingga seluruh kegiatan pembelajaran dilaksanakan dari rumah (BDR) menggunakan metode pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring) memanfaatkan e-learning. Salah satu dampak yang ditimbulkan dari adanya wabah tersebut yaitu kurang efektifnya penggunaan media dalam proses pembelajaran daring karena kurangnya kreativitas penyampaian materi yang disajikan sehingga membuat hasil belajar siswa kian menurun. Dalam hal ini peneliti melihat efektivitas media video berbasis Powerpoint dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penggunaan media video berbasis Powerpoint pada pembelajaran daring dalam meningkatkan hasil belajar tema 7 subtema 3 di kelas IV B MINU Ngingas Waru Sidoarjo? ; 2) Bagaimana efektivitas media video berbasis Powerpoint dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar tema 7 subtema 3 di kelas IV B MINU Ngingas Waru Sidoarjo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan analisis statistic dan data yang didapatkan berupa angka. Dengan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quast eksperiment) dan desain penelitian menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design, dengan menilai perbandingan antara sebelum (Pretest) dan sesudah (Posttest) diberikan perlakuan (Treatment). Teknik analisis data menggunakan penilaian observasi penggunaan media video berbasis Powerpoint, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan media video berbasis Powerpoint dalam pembelajaran daring pada tema 7 subtema 3 dilakukan dengan cara mengirimkan external link video pada whatsapp group, penggunaan media video berbasis Powerpoint dalam penelitian ini berada pada predikat “sangat tinggi” dengan nilai akhir yaitu 95,83%, dan penggunaan media video berbasis Powerpoint dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik ditandai dengan presentase hasil belajar siswa setelah menggunakan media mencapai 74,4% siswa yang mencapai KKM dari sebelum menggunakan media yaitu 51,3%, ; 2) Efektivitas penggunaan media video berbasis Powerpoint dalam pembelajaran daring efektif terhadap hasil belajar tema 7 subtema 3 di kelas IV B MINU Ngingas Waru Sidoarjo, diketahui berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan paired sample t-test yang memperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 dan berada pada tingkat rendah dengan nilai N-gain sebesar 0,09.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Putri Oktaviaputrioktaviadamayanti@Gmail.comD97217109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Efektivitas; Media Video berbasis Powerpoint; Hasil Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Oktavia Damayanti
Date Deposited: 28 Jun 2021 11:34
Last Modified: 28 Jun 2021 11:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48170

Actions (login required)

View Item View Item