Analisis loyalitas pelanggan AEGIS pada pembelian paket coaching menggunakan algoritma bisecting k-means

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gazinda, Celvin (2021) Analisis loyalitas pelanggan AEGIS pada pembelian paket coaching menggunakan algoritma bisecting k-means. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Celvin Gazinda_H76216056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknologi selalu berkembang setiap tahun untuk menunjang kebutuhan sehari-hari manusia. Pada era digital ini banyak yang telah terbantu karena kemajuan teknologi, terutama pada kegiatan electronic sport (eSport). Hal ini membuat AEGIS ikut serta membantu para pemain amatir Dota 2 untuk belajar menekuni gamenya agar mampu menjadi pemain professional nantinya. Namun, masalah yang sedang dihadapi oleh AEGIS sekarang adalah jumlah transaksi mengalami penurunan. Berdasarkan masalah tersebut maka dilakukanlah penelitian untuk mencari faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan AEGIS menggunakan algoritma Bisecting K-Means dengan machine learning python. Kemudian, melakukan validasi cluster dengan menggunakan metode Silhouette Coefficient untuk melihat seberapa kuat kualitas cluster tersebut. Terakhir dilakukan analisa Customer Relationship Management (CRM) untuk memberikan rekomendasi berupa diskon, melakukan promosi untuk pelanggan baru atau rekomendasi lainnya. Hasil dari penerapan algoritma Bisecting K-Means pada data transaksi AEGIS memiliki score sebesar 0,81 pada 2 cluster dan 0,45 pada 3 cluster. Berdasarkan hasil score tersebut, 2 cluster dapat dikatakan sebagai cluster kuat. Sedangkan, 3 cluster dikatakan sebagai cluster lemah karena masih ada data yang tidak berada pada cluster sebenarnya. Setelah dilakukan analisa, cluster 2 termasuk kategori pelanggan yang loyal, sehingga rekomendasi yang diberikan berupa diskon dan kartu member agar tetap menjaga loyalitas pelanggan melakukan pendaftaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gazinda, Celvincelvingazinda54@gmail.comH76216056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Thesis advisorYusuf, Ahmadahmadyusuf@uinsby.ac.id2020019001
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Dota 2; Machine learning; python; Silhouette Coefficient; CRM.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Celvin Gazinda
Date Deposited: 24 Jun 2021 08:32
Last Modified: 24 Jun 2021 08:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48152

Actions (login required)

View Item View Item