Khuruj perspektif Jamaah Tabligh: studi living quran terhadap Khuruj Jamaah Tabligh di Pegantenan Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Lukmanul (2020) Khuruj perspektif Jamaah Tabligh: studi living quran terhadap Khuruj Jamaah Tabligh di Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lukmanul Hakim_E03216021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan karangka teori Peter L. berger yaitu teori triad dialektis yang mencakup beberapa fase, fase eksternalisasi, obyektivasi dan internalisasi. Dengan karangka teori ini, penulis akan berusaha untuk menggambarkan bagaimana khuruj Jamaah Tabligh memiliki dimensi subyektif dan obyektif yang berarti Manusia tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungannya, akan tetapi juga mempengaruhi lingkungannya. Ada proses dialektika dimana manusia sebagai instrument yang memunculkan realitas sosial pada saat berlainan dipengaruhi oleh hasil ciptaanya, dan berjalan berkelanjutan.Hasil dari penelitian ini jika disimpulkan menggunakan teori Berger dan Luckman, maka kegiatan khuruj yang mereka lakukan dibentuk melalui tiga fase, diantaranya fase eksternalisasi yaitu fase dimana mereka memahami khuruj sebagai sarana dakwah untuk mendekatkan diri kepada Allah, yang kedua fase objektivasi yaitu mereka menjadikan Surat Ali-Imran ayat 104 dan 110 sebagai legitimasi khuruj. dan yang ketiga fase internalisasi yaitu mereka mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan yang mereka lakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Lukmanullh769330@gmail.comE03216021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsby.ac.id2004039001
Subjects: Al Qur'an
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Jamaah Tabligh; Khuruj.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Lukmanul Hakim
Date Deposited: 21 Jun 2021 14:21
Last Modified: 21 Jun 2021 14:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48115

Actions (login required)

View Item View Item