المشاريـع الاستثمارية الوقفية ودورهـا في تنمية المجتمـع المحلـي في مدينـة مالانـج بإندونيسيا waqf investment project and its role in local community development in Malang city-Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abraheem, : Rehaf Ibraheem Ahmed (2020) المشاريـع الاستثمارية الوقفية ودورهـا في تنمية المجتمـع المحلـي في مدينـة مالانـج بإندونيسيا waqf investment project and its role in local community development in Malang city-Indonesia. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rehaf Ibrahim Ahmed Abraheem_F43318049.pdf

Download (4MB)

Abstract

Subjek penelitian adalah ini adalah untuk mengungkap aspek-aspek yang terkait dengan proyek wakaf dan perannya dalam pengembangan masyarakat lokal di kota Malang - Indonesia melalui proyek investasi wakaf dalam beberapa aspek seperti aspek pendidikan, perawatan masjid, kesehatan, pariwisata, transportasi dan aspek lain yang berkaitan dengan pengembangan dan pengabdian masyarakat yang diteliti.Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pandangan para fikih klasik dan fikih modern mengenai wakaf uang dan bagaimana pandangan para penanggung jawab dalam mendukung pembangunan masyarakat Indonesia di Malang? Bagaimana proyek-proyek wakaf berkontribusi dalam perkembangan masyarakat Indonesia di kota Malang sebagai model dan keunggulannya? Bagaimana sarana dan komponen proyek wakaf yang berbuat untuk membangun masyarakat Indonesia di kota Malang sebagai model? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi proyek wakaf, peran dan kontribusinya dalam meningkatkan kinerja dan perkembangan masyarakat lokal. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesione kemudian diterapkan pada berbagai pusat wakaf dan para nadhir di kota Malang, Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para ulama telah melaksanakan tugasnya untuk memperkenalkan wakaf uang. Tidak hanya sekedar memperkenalkan tetapi prosedur pelaksanaannya yang sangat lengkap dan jelas, proyek wakaf telah memberikan kontribusi bagi perkembangan masyarakat Indonesia di kota Malang dalam bidang pendidikan agama, Seperti di yayasan Al-ifa'ie , pinjaman syariah, murabahah, mudharabah, dan jasa transportasi, sedangkan di Yayasan Sabilillah Malang, proyek wakaf telah berkontribusi untuk mendukung dan mengembangkan masyarakat setempat melalui pendidikan agama, pembangunan Masjid Sabilillah, beasiswa untuk anak yatim piatu, anak-anak fakir miskin dan layanan kesehatan. layanan penting diberikan kepada masyarakat sekitar oleh Yayasan Unisma Malang, dengan tujuan pengembangan masyarakat melalui klinik kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dan melalui Pasar Niaga Khaybar, sarana dan komponen proyek wakaf yang dikontribusikan bagi pembangunan masyarakat Indonesia di Malang adalah para konstituen yang didasarkan pada sarana pengelolaan properti administrator yang berpedoman pada para Nadhir yang memberi arahan tentang investasi. Negara mendukung wakaf dengan menerbitkan undang-undang untuk menata dengan keyakinan bahwa melalui penyelenggaraan administrasi wakaf di Yayasan Al-ifa'ie, Yayasan Sabilillah dan Yayasan Unisma Malang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abraheem, : Rehaf Ibraheem Ahmedrehaf7752@gmail.comF43318049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahro, Ahmad--2007065501
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Wakaf
Keywords: Proyek Wakaf; Pengembangan; Masyarakat Setempat; Wakaf uang.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rehaf Ibrahim Ahmed Abraheem
Date Deposited: 20 Jun 2021 23:30
Last Modified: 20 Jun 2021 23:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48107

Actions (login required)

View Item View Item