Problem kedisiplinan pengelolaan kelas di MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurnia, Resita (2020) Problem kedisiplinan pengelolaan kelas di MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Resita Kurnia_D01216031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneliti ingin mengkaji beberapa permasalahan, yaitu (1) Bagaimana kedisiplinan pengelolaan kelas di MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik (2) Apa yang menjadi penghambat dan penunjang dalam kedisiplinan pengelolaan kelas di MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik. Pengelolaan kelas merupakan salah satu faktor penting dalam proses belajar mengajar di sekolah, adapun tujuannya agar pembelajaran dapat tercapai dan terlaksana dengan baik. Kepala sekolah dan guru berperan aktif dalam mengawasi. Tujuan dan menjalankan pengelolaan kelas yang efektif dan efisien di MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik, untuk mengetahui apa saja yang menjadi penghambat dan penunjang dalam kedisiplinan pengelolaan kelas di MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian 3 orang guru dan 1 kepala sekolah , yang kemudian data tersebut dianalisis melalui reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa kepala sekolah dan guru sangat berperan penting dalam menjalankan tanggungjawabnya pada kegiatan kedisiplinan pengelolaan kelas, namun itu semua tak lepas dari apa yang menjadi penghambat dan penunjang. Penghambat dalam kedisiplinan pengelolaan kelas tak jauh dari beberapa siswa yang membuat keributan di kelas sehingga mengganggu jalannya proses pembelajaran, seta tingkat kecerdasan siswa yang berbeda dan perbedaan karakter siswa, namun terkadang bukan dari siswa saja melainkan bisa datag dari guru sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurnia, Resitaresitakurnia0711@gmail.comD0121631
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchahyahoo.com2005035301
Thesis advisorChanna, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Subjects: Pendidikan
Problem Based Instruction
Keywords: Kedisiplinan; Pengelolaan Kelas.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Resita Kurnia
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:58
Last Modified: 18 Jun 2021 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48062

Actions (login required)

View Item View Item