Khazanah humor Gus Dur: analisis akar historis humor Gus Dur sebagai sarana demokratisasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomariyah, Nurul (2021) Khazanah humor Gus Dur: analisis akar historis humor Gus Dur sebagai sarana demokratisasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Qomariyah_A02216040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Historis-sosiologi dan teori Humor yang awalnya dicetuskan secara umum oleh para filsuf klasik, kemudian lebih diidentifikasi oleh Thomas Hobbes, dengan membuat tiga klasifikasi inti humor yakni superioritas, konflik dan kebebasan. Ketiga klasifikasi humor inilah yang ditemukan dalam konteks berhumor Gus Dur. Penggunaan teori peran dengan orientasi kepemimpinan.penulis fokuskan untuk membidik peran Gus Dur yang kerap memimpin suatu forum formal maupun non-formal. Sedangkan pendekatan Historis-sosiologi, difokuskan untuk mejabarkan bagaimana biografi dari seorang Gus Dur, proses ideologisnya terutama hal yang mempengaruhi cara berhumor Gus Dur. Dalam kaitannya dengan pengumpulan data, penelitian ini mengacu pada metode historis dengan melalui empat proses yakni: Heuristik, Kritik, Interpretasi dan Historiografi. Dari proses analisis tersebut, menemukan kesimpulan bahwa, 1) akar historis humor Gus Dur tercipta dari sense of humor Gus Dur sendiri yang kemudian terasah dengan lingkungannya yang lekar alegori-alegori jenaka khas sufisme. 2) bentuk humor Gus Dur tentunya memiliki karakteristik yang unik dengan berbagai tema seperti politik, agama, sosial. Dan 3) implikasi dari humor Gus Dur cukup besar dalam dinamika kehidupan sosial, budaya dan politik bangsa Indonesia. Terutama dalam penguatan demokratisasi di Indonesia. Diantaranya mampu menyuarakan pendapat berupa kritik atau saran, sebagai bukti pelaksanaan nilai demokrasi dengan bukti kebebasan berpendapat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomariyah, Nurulnurumaq@gmail.comA02216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id197211292000031001
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Demokrasi
Humor
Keywords: Humor; Demokratisasi; Gus Dur.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nurul Qomariyah
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:09
Last Modified: 22 Sep 2021 02:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48042

Actions (login required)

View Item View Item