Analisis kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap Nazhir dalam mengelola Aset Wakaf: studi pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Badas Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noviawan, Farid Afrizal (2021) Analisis kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap Nazhir dalam mengelola Aset Wakaf: studi pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farid Afrizal Noviawan_G95217047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif ialah salah satu jenis penelitian yang spesifikannya menjelaskan dengan cara sistematis, terstruktur, dan terencana dengan jelas, dari awal penelitian hingga eksekusi penelitian, serta memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti melalui proses pengumpulan data yang telah tersusun. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat akan hal pengelolaan wakaf terhadap nazhir di KUA Kecamatan Badas Kabupaten Kediri ialah masyarakat menilai bahwa ketika nazhir sudah berbadan hukum dan berada pada naungan Nahdlatul Ulama maka masyarakat sudah percaya. Meskipun tidak adanya pelaporan keuangan dari pihak nazhir, masyarakat sudah percaya bahwa nazhir bersikap jujur dan amanah. Pengaruh besar yang menjadi kepercayaan masyarakat ialah para nazhir bagian dari anggota struktural Nahdlatul Ulama (NU). Menganggap bahwa para pengurus Nahdlatul Ulama sudah pasti paham akan hal hukum agama. Jadi tidak mungkin kalau pengelola wakaf diselewengkan fungsinya. Kepuasan masyarakat terhadap nazhir dalam mengelola aset wakaf di KUA Kecamatan Badas Kabupaten Kediri masih kurang maksimal, dapat dilihat dari hasil analisa yang menunjukkan bahwa tidak adanya program unggulan akan hal pemanfaatan tanah wakaf. Bukan hanya itu, tanah wakaf yang dikelola monoton hanya dimanfaatkan dalam satu bidang, yaitu penyewaan tanah kepada para petani. Kepuasan masyarakat masih perlu ditingkatkan dengan adanya semacam beberapa pelatihan terhadap nazhir maupun masyarakat yang ikut serta dalam melakukan pengelolaan wakaf. Karena sementara ini nazhir masih belum pernah ada edukasi pelatihan tentang pengelolaan wakaf produktif. Peran dari pemerintah seharusnya hadir dalam menangangi pelatihan pengelolaan wakaf. Tujuannya agar kepuasan masyarakat akan hal pengelolaan tanah wakaf dapat diterima. Peneliti dapat memberikan saran kepada nazhir agar pemanfataan tanah wakaf perlu adanya terobosan program agar dana wakaf bergulir secara produktif. Tujuan dari pemanfaatan tanah wakaf yang produktif akan menghasilkan modal-modal usaha baru dibidang wakaf. Karena dengan mengelola tanah wakaf produktif dapat memberikan peningkatan kepercayaan dan kepuasan kepada masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noviawan, Farid Afrizalfaridafrizal131198@gmail.comG95217047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Manajemen
Wakaf
Keywords: Nazir; Wakaf; Modal Usaha.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Farid Afrizal noviawan
Date Deposited: 15 Jun 2021 21:54
Last Modified: 15 Jun 2021 21:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48034

Actions (login required)

View Item View Item