Pesan dakwah Prof Zahro dalam Ruqyah pengobatan COVID-19: analisis tindak tutur Video Youtube Penyakit 'Ain

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Nur (2021) Pesan dakwah Prof Zahro dalam Ruqyah pengobatan COVID-19: analisis tindak tutur Video Youtube Penyakit 'Ain. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Farida_B91217085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan “Bagaimana Pesan Dakwah Prof Zahro dalam Ruqyah Pengobatan COVID-19 (Analisis Tindak Tutur Video Youtube Penyakit 'Ain)?”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apa pesan dakwah dalam video tersebut dengan menggunakan analisis sosiolinguistik tindak tutur Austin dan Searle. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi (amati, catat, dan analisis). Dari hasil penelitian pesan dakwah tindak tutur ini ditemukan bahwa pemaknaan yang terdapat dari dua video Prof Zahro yang diteliti mengajarkan keyakinan atas peneguhan iman, serta berikhtiar kepada Allah SWT. Namun, pada akhirnya penelitian ini berargumen bahwa agama dan sains adalah beriringan, karena dikuatkan bukti dari pendapat Imam Al-Ghazali, dan diperkuat dengan ilmuwan Einstein dan Alexis. Agama bisa diartikan sebagai metode pengobatan rohani, batin dan keyakinan contohnya Ruqyah atau do’a dan ‘Ain. Sedangkan Sains diartikan sebagai sesuatu metode pengobatan fisik dalam hal medis, seperti Covid 19, dan lain-lain. Jadi, obat dari segala obat berasal dari keyakinan dalam hati dan jiwa yang positif bahwa segala penyakit pasti bisa sembuh, tetapi diiringi juga dengan usahanya untuk mencapai sembuh tersebut. Rekomendasi dalam skripsi ini agar peneliti selanjutnya dapat menjadikan salah satu referensi dan dapat meneliti analisis dari aspek progresivitas, konten ceramah, interior, dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, Nurdiafarida@gmail.comB91217085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Sokhisokhi.huda@uinsby.ac.id2128016701
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Obat Penyakit ‘Ain; Covid 19; Ruqyah; Youtube; Sosiolinguistik; Tindak Tutur
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Farida
Date Deposited: 13 Jun 2021 22:36
Last Modified: 13 Jun 2021 22:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48021

Actions (login required)

View Item View Item