Analisis kinerja keuangan Bank Syariah dan Bank Konvensional dimasa pandemi Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Melania, Arta Agustin (2021) Analisis kinerja keuangan Bank Syariah dan Bank Konvensional dimasa pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arta Agustin Melania_G02217004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini merupakan sebuah proses menjelaskan sebuah fenomena dari sebuah objek yang sedang diteliti dan dijabarkan menggunakan angka. Sedangkan jenis yang dipakai dalam penelitian ini merupakan penganalisisan komparatif untuk melihat adakah perbedaan dari variabel yang digunakan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan dokumentasi, dimana diperoleh data-data dari sumber buku, jurnal, website OJK yaitu www.ojk.go.id juga website resmi dari tiap bank yang digunakan sebagai objek penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, bahwa pada masa pandemi Covid-19 terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio keuangan CAR, NPL/NPF, ROA, ROE, BOPO, LDR/FDR bank syariah dan bank konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test dan uji mann whitney yang secara keseluruhan mendapatkan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Jika dilihat dari rata-rata tiap rasio keuangan kedua bank tersebut, terlihat bahwa bank konvensional masih lebih baik dibandingkan dengan bank syariah. Pandemi Covid-19 tentunya sangat memberi dampak bagi dunia perbankan, hal ini membuat rasio keuangan pada bank syariah dan bank konvensional mengalami fluktuatif dari tiap triwulannya. Namun dari penelitian ini dapat dilihat bahwa bank konvensional masih cenderung lebih baik dibandingkan dengan bank syariah dimasa pandemi Covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Melania, Arta Agustinarta28091@gmail.comG02217004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunjunan, Mochammad Ilyasmij@uinsby.ac.id2030039303
Subjects: Akuntansi
Bank dan Perbankan
Keuangan
Keywords: Kinerja Keuangan; Rasio Keuanga; Bank, Covid-19.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Arta Agustin Melania
Date Deposited: 13 Jun 2021 22:08
Last Modified: 13 Jun 2021 22:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48017

Actions (login required)

View Item View Item