Etika bisnis Islam dalam pengembangan industri kreatif di koperasi Intako Tanggulangin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irma, Mazida Hilmi (2021) Etika bisnis Islam dalam pengembangan industri kreatif di koperasi Intako Tanggulangin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irma Mazida Hilmi_G94216175.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kasus pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara langsung dengan beberapa informan dalam penelitian, yaitu pengrajin tas dan koper yang merupakan anggota Koperasi Intako, serta staf Koperasi Intako Tanggulangin. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa Koperasi Intako maupun pengrajin telah menerapkan etika bisnis Islam dalam bisnis yang dijalankan. Sayangnya, saat ini Koperasi Intako tidak lagi melakukan produksi tas. Proses produksi tas dilakukan di masing-masing tempat usaha milik pengrajin. Penerapan etika bisnis Islam dalam industri tas diterapkan oleh pengrajin dalam seluruh kegiatan industri tas. salah satunya adalah dalam aspek produksi. Indikator etika bisnis Islam yang diteraapkan penulis sebagai tolak ukur penerapan etika bisnis Islam di industri tas juga telah diterapkan dengan baik oleh pengrajin. Walaupun tidak berupa peraturan resmi dan tertulis, namun karakter dan sikap yang mencerminkan nilai keislaman diterapkan dalam proses produksi, seperti mengerjakan pesanan dengan penuh tanggung jawab, tidak membeda-bedakan pelanggan, dan memberikan hak karyawan setara dengan apa yang telah dikerjakannya. Hal ini lah yang menjadikan industri tas dan koper terus berkembang dan mampu bertahan hingga puluhan tahun. Peran Koperasi Intako dalam pengembangan industri tas dan koper adalah sebagai perantara bagi pengrajin yang menjadi anggotanya untuk memajukan usaha. Beberapa upaya dilakukan oleh Koperasi Intako untuk mewujudkan pengembangan industri tas dan koper dengan menerapkan nilai-nilai etika bisnis Islam. diantaranya, mengadakan pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia, aktif melakukan promosi, menjaga kualitas produk, hingga mengikuti event-event besar yang diselenggarakan di Sidiarjo maupun luar Sidoarjo. saran yang dapat diberikan dalam pengembangan industri kreatif di Intako adalah agar pengrajin tidak ragu untuk merangkul generasi muda untuk menjadi bagian dalam industri kreatif tas dan koper agar industri tas dan koper dapat terus berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irma, Mazida Hilmiirmamazidahilmi@gmail.comG94216175
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Sri--197302212009122001
Subjects: Etika
Keywords: Pengembangan; Produksi; Industri kreatif; Etika bisnis Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: I IRMA MAZIDA HILMI
Date Deposited: 10 Jun 2021 14:32
Last Modified: 10 Jun 2021 14:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47995

Actions (login required)

View Item View Item