Strategi penyelesaian dana bergulir bermasalah pada penyaluran zakat produktif di lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyah, Ani (2020) Strategi penyelesaian dana bergulir bermasalah pada penyaluran zakat produktif di lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ani Lutfiyah_C07216004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan fild research. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan wawancara secara langsung kepada pihak informan, yang meliputi resepsionis, HRD, keuangan, program Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa. Kedua dengan cara pengumpulan data berupa dokumentasi diantaranya foto, visi misi, struktur organisasi dan dokumen SOP. Teknik Pengolahan Data dalam penelitian ini adalah pertama proses editing, yang merupakan pemeriksaan kembali dari semua data yang diperoleh terutama dari segi kelengkapannya, kejelasan makna, keselarasan antara data yang ada dan hubungannya dengan penulisan. Kedua proses organizing, yang merupakan penyusunan data. Hasil penelitian dana bergulir dari Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa yang disalurkan kepada relawan (mustahiq) sudah menjadi bagian atau hak relawan (mustahiq) sepenuhnya. Jadi, ketika dana tersebut mengalami keuntungan atau kerugian dari lembaga tersebut tidak menarik kembali. Karena harapannya lebih kepada mustahiq. Peneliti memberi saran terkait adanya sistem akad musyarakah, dimana dari pihak relawan bukan hanya sekedar kalangan mustahiq tetapi dari pihak yang memiliki minat usaha dan memiliki niat/keinginan dalam memberdayakan mustahiq. Dalam sistem musyarakah ini relawan memberikan modal usaha yang mana harus sepengetahuan dari pihak lembaga, agar bisa memantau berjalannya program usaha sentra ternak. Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa mengatur alur jalannya usaha antara investor dengan mustahiq selaku pengelola sentra ternak. Pengelola melakukan komunikasi dengan pihak lembaga terkait pembagian hasil usaha yang diperoleh, yang mana pihak investor juga ikut andil dalam pengelolaan sehingga pembagiannya lebih besar kepada investor dari pada mustahiq selaku pengelola. Sejalan dengan hasil penelitian diatas, peneliti memberikan saran bahwa Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa dapat menyelesaikan masalah dengan beberapa strategi. Sehingga banyak cara dalam mengatasi permasalahan dana bergulir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyah, Aniannilutfiyah82674@gmail.comC07216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyati--2026027101
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Zakat
Amil Zakat
Keywords: Penyaluran Zakat Produktif; Dompet dhuafa; Modal usaha.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ani Lutfiyah
Date Deposited: 13 Jun 2021 21:59
Last Modified: 13 Jun 2021 21:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47983

Actions (login required)

View Item View Item