Pemodelan analitis untuk model maturity islamic green computing

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuada, Binti Nilna (2021) Pemodelan analitis untuk model maturity islamic green computing. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Nilna Fuada_H06216006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan perangkat ICT yang semakin meningkat setiap tahunnya menyebabkan peningkatan permasalahan terkait dengan pemanasan global. Untuk itu, berbagai lapisan masyarakat harus bijak dalam menggunakan ICT atau sadar akan pentingnya green computing. Berbagai penelitian di bidang green computing telah banyak dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat salah satunya yaitu Islamic Green Computing. IGC merupakan sebuah konsep pemakaian ICT dengan efisien yang didasari oleh nilai-nilai Islami. Konsep IGC saat ini masih terbatas pada maturity index yang memiliki 9 pilarnya sehingga belum dapat digunakan sebagai alat ukur. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun toolkit Islamic Green Computing. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan terdapat empat langkah utama pada penelitian ini yaitu studi literatur, identifikasi masalah, pembuatan model dan pengujian model. Proses identifikasi dilakukan dengan studi literatur yaitu dengan meninjau penelitian-penelitian terdahulu. Proses pembuatan model meliputi penentuan item dan skala ukur. Penentuan item didasarkan pada desain implementasi IGC di lapangan yang terbagi menjadi dua sisi yaitu producer dan consumer. Proses pengujian meliputi pengujian item dan skala. Hasil dari penelitian ini berupa kuesioner yang bisa digunakan sebagai alat ukur tingkat Islamic Green Computing. Kemudian untuk melihat apakah kuesioner dapat dipahami dengan baik, proses validasi dilakukan dengan wawancara dengan masing-masing 4 narasumber dari sisi producer dan consumer

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuada, Binti Nilnabintinilnaofficial@gmail.comH06216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorPermadi, Andhyandhy@uinsby.ac.id2014108103
Subjects: Komputer
Manajemen Informasi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Islamic Green Computing; Maturity Model; Toolkit.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Binti Nilna Fuada
Date Deposited: 18 Jun 2021 22:39
Last Modified: 18 Jun 2021 22:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47974

Actions (login required)

View Item View Item