Peran relawan demokrasi dalam peningkatan partisipasi politik pemilih pemula pada pemilu serentak 2019 di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithriyah, Alfi Ziyadatul (2020) Peran relawan demokrasi dalam peningkatan partisipasi politik pemilih pemula pada pemilu serentak 2019 di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Ziyadatul Fithriyah_I01216005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang “Peran Relawan Demokrasi Dalam Peningkatan Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilu Serentak 2019 Di Kabupaten Sidoarjo”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peran Relawan Demokrasi Sidoarjo Dalam Peningkatan Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Sidoarjo. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Peran Relawan Demokrasi Dalam Peningkatan Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Sidoarjo dan apakah ada faktor penghambat dan pendukung Relawan Demokrasi Dalam Peningkatan Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Sidoarjo. untuk menjawab permasalahan ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif versi Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Teori yang dicabar dalam penelitian ini adalah teori partisipasi politik dan teori peran. Temuan penelitian ini adalah Program relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya. Relawan demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota. Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal. Sasaran strategis untuk relawan demokrasi adalah tidak hanya bagi pemilih pemula saja tetapi berbagai segment yaitu keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, penyandang disabilitas, berkebutuhan khusus, kelompok pinggiran (kaum marjinal), komunitas, keagamaan, dan warga internet. Menurut peneliti peran relawan demokrasi dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula pada pemilu serentak 2019 berperan penting dalam tingkat wawasan dan ilmu pemilu bagi pemilih pemula. hasil temuan peneliti untuk faktor penghambat bagi relawan demokrasi adalah saat sosialisasi diberbagai sekolah dan universitas Kabupaten Sidoarjo yang sudah diisi sosialisasi oleh petugas kecamatan atau PPK. Dan untuk faktor pendukung adalah Tersedianya Sumber daya manusia (SDM) yang cukup dan berpengalaman dalam penyelenggaran pemilu ke pemilu, ketersediaan nya Anggaran yang cukup untuk membiayai semua tahapan sosialisasi dan penyelenggaraan merupakan faktor yang penting.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithriyah, Alfi Ziyadatulalfipiji@gmail.comI01216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Subjects: Partai Politik
Pemilihan Umum
Keywords: Relawan demokrasi; Pemilih pemula; Partisipasi politik, Pemilu serentak 2019
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: alfi ziyadatul
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:55
Last Modified: 15 Aug 2021 12:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47968

Actions (login required)

View Item View Item