Transformasi gelar Raden Mas Rangsang dari tahun 1613 hingga 1641 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Muhammad Ilham (2021) Transformasi gelar Raden Mas Rangsang dari tahun 1613 hingga 1641 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ilham Wahyudi_A92217122.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang menggunakan alat pengupas berupa metode historis yang terdiri dari empat tahapan. Tahapan-tahapan tersebut ialah, (1). Heuristik, yaitu proses menelusuri sumber-sumber yang akan digunakan dalam penyusunan narasi sejarah, (2). Kritik, yaitu proses penyeleksian sumber-sumber yang telah didapat dengan menekankan pada kekredibilitasan sumber, (3). Interpretasi, yaitu tahapan peneliti menafsirkan hasil dari fakta-fakta sejarah yang telah didapat, (4). Historiografi, merupakan langkah akhir yaitu peneliti menyusun seluruh narasi sejarah yang telah dibuat secara kronologis dan diakronik. Sedangkan dalam pendekatannya, penelitian ini menggunakan cabang ilmu-ilmu sosial lainnya seperti, sosiologi, dan ilmu politik. Untuk teori menggunakan teori otoritas Max Weber yang dapat dibagi menjadi tiga yaitu otoritas tradisional, otoritas kharismatik dan otoritas legal-formal. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1). Gelar raja merupakan salah satu dari banyak instrumen legitimasi konsep kekuasaan Jawa yang telah ada sejak periode Hindu-Budha hingga periode Islam, khususnya pada periode Mataram. (2). Kerajaan Mataram Islam usianya 167 tahun, ia berdiri pada tahun 1588 M dan runtuh pada tahun 1755 M dengan raja terbesarnya bernama Raden Mas Rangsang yang lebih dikenal dengan nama ‘Sultan Agung’. (3). Pergantian gelar Raden Mas Rangsang dilatarbelakangi oleh keinginannya untuk memperbesar citra dan pengaruh kekuasaannya terutama di tanah Jawa, yang masih berhubungan dengan konsep kekuasaan Jawa gung binathara (kebesaran kekuasaan raja ibarat kekuasaan dewa).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, Muhammad Ilhammuh.ilhamwahyudi@gmail.comA92217122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukarrom, Ahwanahwanmukarrom@uinsby.ac.id2006125201
Subjects: Agama
Sejarah > Sejarah Indonesia
Islam > Peradaban
Keywords: Genealogi kekuasaan Jawa; Raja Mataram; Transformasi gelar Raden Mas Rangsang.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Ilham Wahyudi
Date Deposited: 08 Jun 2021 22:50
Last Modified: 08 Jun 2021 22:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47966

Actions (login required)

View Item View Item