Analisis hukum Islam dan Undang-Undang no. 8 tentang perlindungan konsumen tahun 1999 terhadap jual beli akun game online player unknown's battlegrounds mobile

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Ferdiana Citra Ernanda (2021) Analisis hukum Islam dan Undang-Undang no. 8 tentang perlindungan konsumen tahun 1999 terhadap jual beli akun game online player unknown's battlegrounds mobile. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferdiana Citra Ernanda Putri_C92217076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan berjenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, praktik transaksi jual beli akun game online Player Unknown's Battlegrounds mobile via Facebook ini dimulai dengan cara mempromosikan akun ke media sosial yaitu Facebook, para pihak mengetahui tentang spesifikasi, cara bertransaksi mulai dari penawaran antara penjual dan pembeli sampai dengan penyerahan akun game online Player Unknown's Battlegrounds mobile. Serta diakhiri dengan kesepakatan kedua belah pihak. Kedua, dalam permasalahan praktik jual beli akun PUBG mobile ini rukun dan syarat jual beli sudah sesuai dari segi Aqid (orang yang berakad), ijab dan qabul, barang yang dperjual belikan, dan nilai tukar pengganti barang, namun praktik ini dapat dikatakan khiyar aib karena cacat atau ketidaksesuain diketahui beberapa hari setelah akad dan transaksi jual belinya bersifat gharār karena pihak pembeli belum mengetahui akun yang dijual tersebut bisa hilang dan tidak bisa digunakan dalam beberapa hari. Sehingga pembeli merasa dirugikan karena akun yang diterima tidak sesuai dengan yang dikatakan penjual. Praktik ini juga tidak sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen karena jual beli jual beli akun Player Unknown's Battlegrounds Mobile di Facebook bertentangan dengan Pasal 4 dan 7 Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlidungan Konsumen dikarenakan pembeli tidak mendapatkan hak ganti rugi atas ketidaksesuaian barang. Dengan demikian hasil penelitian diatas, maka disarankan: untuk penjual sebaiknya menjual dengan cara yang jujur agar akun yang dijualnya tidak bisa hilang dan tidak merugikan pembeli, untuk pembeli sebaiknya lebih teliti lagi dan berhati-hati apabila membeli akun di media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Ferdiana Citra Ernandaferdianacitra@gmail.comC92217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com102101811126130
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Konsumen
Keywords: Perlindungan Konsumen; Konsumen; Jual beli; Game Online.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ferdiana Citra Ernanda Putri
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:09
Last Modified: 04 Jun 2021 02:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47924

Actions (login required)

View Item View Item