Penggalian dana masjid di jalan raya dalam perspektif hadis: kajian ma’ani al-hadith sahih al-Bukhari No. Indeks 2465

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatullah, A. Aqim Alam (2020) Penggalian dana masjid di jalan raya dalam perspektif hadis: kajian ma’ani al-hadith sahih al-Bukhari No. Indeks 2465. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A. Aqim Alam Rahmatullah_E05216001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kondisi semangat kegamaan di Indonesia dinilai sangat besar. Namun, di sisi lain terdapat hal-hal yang melenceng dari nash-nash agama yang jelas ataupun hal-hal tersebut keluar dari nilai keislaman. Dalam hal ini salah satunya adalah semangat untuk membangun dan memperindah masjid. Kegiatan tersebut tidak melenceng, tetapi salah satu kegiatan yang mengikutinya yaitu, mencari dana untuk masjid di jalan raya, menjadi tindakan yang tidak mempresentasikan Islam. Sebab dalam praktek meminta di pinggir jalan mendatangkan banyak mudharat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami tentang praktek tersebut ditinjau menggunakan perspektif dalam sebuah hadis. Hadis yang akan digunakan adalah hadis dalam s}ah}hh al-Bukhari nomor indeks 2465, yang berisi tentang hak-hak pengguna jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adala metode penelitian deskriptif, dengan model penelitian kualitatif. Untuk menjawab tujuan penelitian, peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Secara aspek teori penelitian kajian hadis, penelitian ini menggunakan kajian ma’anil hadis yang berfokus pada teori pemaknaan. Teori pemaknaan pada penelitian ini berfokus pada tiga prinsip yaitu prinsip kebahasaan, prinsip realistik dan prinsip histori. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini, berdasarkan penelitian antara hadis tentang hak pengguna jalan dan fenomena yang terjadi secara real di masyrakat didapati kesimpulan bahwasanya bagi setiap pelaku penggalian dana untuk masjid sangat sulit sekali untuk dapat menegakkan hak-hak pejalan dengan baik terlebih dengan kondisi jalanan di era saat ini yang tidak hanya berisi pejalan kaki tetapi juga telah penuh dengan pengguna motor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatullah, A. Aqim Alamaaqim15@gmail.comE05216001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Masjid
Keywords: Penggalian; Dana; Ma’anil.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: aqim alam
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:26
Last Modified: 04 Jun 2021 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47900

Actions (login required)

View Item View Item