PENGARUH PARTISIPASI KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH TERHADAP BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH ORGANISASI PADA PENGURUS ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 GEDANGAN

Anggriawan, Rendy Ferdian (2014) PENGARUH PARTISIPASI KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH TERHADAP BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH ORGANISASI PADA PENGURUS ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 GEDANGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dimana pendidikan formal hanya menekankan perkembangan pada ranah kognitif saja. Sedangkan perkembangan pada ranah afektif kurang diperhatikan. Sehingga pengajaran di sekolah, jarang ada kegiatan yang menuntut berpikir kreatif dan siswa tidak terangsang untuk berpikir, bersikap, dan berperilaku kreatif, Adapun yang menjadi masalah penelitian ini ada 2, yakni “Apakah ada Pengaruh Partisipasi Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah Terhadap Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Organisasi Pada Pengurus OSIS di SMPN 1 Gedangan ? dan “Apakah variabel partisipasi kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah dapat memprediksi variabel berpikir kreatif dalam memecahkan masalah organisasi pada pengurus OSIS di SMP Negeri 1 Gedangan ?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh partisipasi kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah terhadap berpikir kreatif dalam memecahkan masalah organisasi pada pengurus OSIS, serta untuk mengetahui apakah variabel partisipasi kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah dapat memprediksi variabel berpikir kreatif dalam memecahkan masalah organisasi pada pengurus OSIS di SMP Negeri 1 Gedangan. Dalam penelitian ini data disebarkan kepada 35 orang subjek penelitian, yakni seluruh pengurus OSIS di SMP Negeri 1 Gedangan dengan mengunakan teknik penelitian populasi. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik kemudian diolah, sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 36,058 + 0,208X. Hasil analisis menunjukkan bahwa partisipasi kegiatan OSIS memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap berpikir kreatif dalam memecahkan masalah pada pengurus OSIS di SMP Negeri 1 Gedangan. Selain itu sumbangan penelitian sebesar 0,397 yang menunjukkan bahwa 40% variabel berpikir kreatif bisa dijelaskan oleh variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 60% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rizma Fitri
Uncontrolled Keywords: OSIS; Creative Thinking
Subjects: Psikologi
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 07:25
Last Modified: 09 Feb 2015 07:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item