Pengaruh pengendalian internal dan good corporate governance terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa: studi empiris pada Desa di Kecamatan Tulangan, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Dea Alvia (2021) Pengaruh pengendalian internal dan good corporate governance terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa: studi empiris pada Desa di Kecamatan Tulangan, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dea Alvia Fitriani_G72217056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adapun rumusan masalah dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh pengendalian internal dan good corporate governance dalam mencegah terjadinya fraud pada pengelolaan dana desa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan jenis data yang digunakan adalah data primer bersifat cross section yang didapatkan dengan penyebaran kuesioner berskala likert, dimana populasi meliputi perangkat desa yang berhubungan dengan pengelolaan desa seperti kepala desa, sekertaris desa, dan bendahara desa pada 22 desa di Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Dari populasi tersebut dipilih menggunakan teknik saturation sampling, didapatkan sampel sejumlah 66 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan dari pengendalian internal dalam mencegah terjadinya fraud pada pengelolaan dana desa. Serta adanya pengaruh positif yang signifikan dari good corporate governance dalam mencegah terjadinya fraud pada pengelolaan dana desa. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan bagi pemerintah desa untuk lebih menambah wawasan terkait pentingnya pengendalian internal dan good corporate governance. Karena dengan meningkatkan kedua variabel tersebut dapat memperkecil peluang atau kesempatan bagi pelaku fraud dalam melakukan tindakannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Dea Alviadeaalvia06@gmail.comG72217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKoerniawati, Dwidk.niawati@gmail.com198507122019032010
Subjects: Keuangan
Korupsi
Keywords: Pengendalian Internal; Good Corporate Governance; Pencegahan Fraud; Pengelolaan Dana Desa.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Dea Alvia Fitriani
Date Deposited: 05 Jun 2021 13:58
Last Modified: 05 Jun 2021 13:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47895

Actions (login required)

View Item View Item