Perubahan pola interaksi orang tua dengan anak pada masa pandemi di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya dalam tinjauan teori perubahan sosial Wilbert Moore

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewanti, Shinta Rosiana (2021) Perubahan pola interaksi orang tua dengan anak pada masa pandemi di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya dalam tinjauan teori perubahan sosial Wilbert Moore. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shinta Rosiana Dewanti_I03217020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 yang saat ini memberikan dampak yang besar. Khususnya dalam bidang pendidikan. Diamana yang biasanya bertatap muka kini dilakukan secara online. Pembelajaran ini di sebut dengan daring atau dalam jaringan. Hal ini sangat bergantung pada kemajuan teknologi. Seolah baik murid, guru serta orang tua di tuntut agar berjalan beriringan dengan teknologi supaya tidak tertinggal. Ketika anak lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah untuk belajar daring, maka berbagai pola interaksi yang terjalin di antara orang tua dan anak menjadi cukup intens. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagimana pola interaksi orang tua dengan anak selama musim pandemi COVID-19 serta apa faktor yang menyebabkan perubahan pola interaksi orang tua dan anak selama musim pandemi di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Dari rumusan masalah tersebut terdapat sub bab pembahasan di dalamnya, antara lain pembahasan mengenai hasil wawancara antara Kepala Sekolah, Staff Tata Usaha, wali murid serta siswa-siswi yang menjadi keluarga SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data deskriptif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian mengenai perubahan pola interaksi orang tua dengan anak adalah teori Perubahan Sosial dari persepektif Wilbert Moore. Dari hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa (1) pola interaksi orang tua dengan anak selama musim pandemi COVID-19 di SMA Wachid hasyim 5 mengalami perubahan. Dari yang biasa hanya sejenak bertemu kini lebih sering berinteraksi. (2) faktor yang paling mempengaruhi adanya perubahan pola interaksi antara orang tua dengan anak selama musim pandemi di SMA Wachid Hasyim 5 adalah penyebab berubahnya jadwal kegiatan harian anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewanti, Shinta Rosianashintard21@gmail.comI03217020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Orang tua dan Anak
Keywords: Perubahan; dan Pola Interaksi Orang Tua dengan Anak; orang tua; Anak.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Shinta Dewanti
Date Deposited: 28 May 2021 02:13
Last Modified: 28 May 2021 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47837

Actions (login required)

View Item View Item