Perilaku cross hijaber dan komunitas hijrahku di Pekalongan Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Muflikha Silvi (2020) Perilaku cross hijaber dan komunitas hijrahku di Pekalongan Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muflikha Silvi Wulandari_E21216096.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seorang manusia memiliki perilaku yang berbeda dari latarbelakangnya. Sebagaimana seseorang yang melakukan suatu tindakan diluar pemikiran manusia. Penulis memfokuskan objek penelitian terhadap perilaku seorang cross hijaber. Adapun tiga tingkatan dalam dimensi dunia hidup (life world) sebagai kehidupan sehari-hari bagi Jürgen Habermas yang menjadi pisau analisis dalam tindakan komunikatif perilaku cross hijaber. Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) Berdasarkan perilaku cross hijaber anggota komunitas Hijrahku Pekalongan mengklaim bahwa tindakannya merupakan melanggar norma agama dan sosial yang membuat masyarakat berpendapat hal yang sama. Pada dasarnya manusia memiliki akal untuk membedakan mana yang baik baginya untuk dilakukan. (2) Dalam pencapaian dimensi subjektif (individu) klaim kejujuran, objektif (alam) klaim kebenaran dan intersubjektif (masyarakat) klaim ketepatan bahwa dua informan cross hijaber yang memiliki rata-rata pada dimensi objektif dan intersubjektif. Hanya satu diantara dua informan tersebut tidak mencapai dalam dimensi subjektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Muflikha Silvimuflikha117@gmail.comE21216096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, M. Syamsulsamuda70@yahoo.com2029037201
Subjects: Jilbab
Perilaku
Keywords: Cross Hijaber; Tindakan Komunikatif Jürgen Habermas; Komunitas “Hijrahku” Pekalongan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muflikha Wulandari
Date Deposited: 08 May 2021 23:09
Last Modified: 08 May 2021 23:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47764

Actions (login required)

View Item View Item