Analisis nilai Hifdzul Al-Maal pada Rantai Pasok produk sayuran Pasar Grosir Puspa Agro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridayana, Chrisdy Ratna (2020) Analisis nilai Hifdzul Al-Maal pada Rantai Pasok produk sayuran Pasar Grosir Puspa Agro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chrisdy Ratna Ridayana_G94216158.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sumber data dari penelitian ini diambil dari website resmi Pasar Grosir Puspa Agro serta wawancara pada kepada pihak-pihak yang terlibat dengan rantai pasok sayuran pada Pasar Grosir Puspa Agro. Dari sumber data tersebut kemudian dikelola dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasanya pada Pasar Grosir Puspa Agro memiliki dua model rantai pasok yang berasal dari petani dan pengumpul. Rantai pasok yang dimulai dari petani melibatkan pengumpul rumahan, pengumpul yang berjualan di pasar lain dan konsumen akhir. Model rantai pasok yang kedua dimulai dari pengumpul yang berjualan di Pasar Grosir Puspa Agro yang melibatkan pengumpul rumahan, pengumpul yang berjualan di pasar lain, supplier dan konsumen akhir. Dari kedua model tersebut konsep maqashid syariah pada poin hifz maal tetap tercapai dan dapat dirasakan banyak pihak. Semua pihak pada mata rantai dapat merasakan kemaslahatan pada poin hifz maal (penjagaan harta). Poin hifz maal dapat dirasakan dengan bukti real berupa pendapatan dan pernyataan dari petani, pengumpul baik pengumpul yang ada di Puspa Agro dan pengumpul diluar Puspa Agro dan yang terakhir ialah konsumen. Dari pernyataan pihak yang terlibat pada rantai pasok sayuran ini pendapatan minimal yang diperoleh sebesar Rp. 200.000/hari dan pendapatan maksimal sebesar Rp. 6.000.000/hari. Proses yang dilalui oleh setiap mata rantai dalam mengumpulkan kekayaannya dilalui dengan menjalin kerjasama yang baik tanoa adanya kecurangan, penipuan atau hal buruk yang lainnya yang dapat merugikan pihak yang lain.Dari hasil penelitian diharapkan pihak pengelola Pasar Grosir Puspa Agro dapat lebih memperhatikan penjual agar lebih dikhususkan penjual yang berasal dari petani khususnya di pasar sayuran, agar konsep hifz maal dan kemaslahatan dapat tercapai secara maksimal

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridayana, Chrisdy Ratnachrisdyratna@gmail.comG94216158
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Harga Pokok
Pedagang
Keywords: Rantai pasok; Hifdzul al-maal; Sayuran.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Chrisdy Ratna Ridayana
Date Deposited: 02 May 2021 14:55
Last Modified: 02 May 2021 14:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47751

Actions (login required)

View Item View Item