Sejarah pemikiran modernisme Islam A. Mukti Ali : kerukunan umat beragama dan signifikansinya di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Latifatuz (2020) Sejarah pemikiran modernisme Islam A. Mukti Ali : kerukunan umat beragama dan signifikansinya di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifatuz Zahroh_A92216079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan sosial-intelektual. Pendekatan historis digunakan untuk menjelaskan tentang riwayat hidup, perjalanan dan pencapaian karier A. Mukti Ali. Sedangkan pendekatan sosial-intelektual digunakan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif terhadap hasil gagasan atau pemikiran keagamaan tertentu dari pemimpin atau tokoh keagamaan dengan memahami proses, kecenderungan atau kepentingan sebuah gagasan keagamaan tersebut dalam konteks sosial. Kerangka teori yang digunakan adalah teori arkeologi pengetahuan oleh Michael Foucault dan teori peran oleh Rober Linton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan beberapa tahapan yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) A. Mukti Ali adalah seorang cendekiawan muslim khususnya di bidang perbandingan agama yang lahir pada 23 Agustus 1923 di daerah Cepu. Dari latar belakangnya yang ahli dalam ilmu perbandingan agama itu, ia diangkat sebagai Menteri Agama pada masa Orde Baru tahun 1971-1978. 2) Konteks pembaharuan pemikiran modernisme Islam A. Mukti Ali yaitu tentang metodologi studi Islam dan pembangunan manusia seutuhnya. Pemikirannya tersebut dipengaruhi oleh beberapa aspek yaitu aspek lingkungan kehidupan dan aspek ekonomi-politik. 3) Sebagai menteri agama, A. Mukti Ali menggagas konsep agree in disagreement atau setuju dalam ketidaksetujuan, agar tercipta suasana yang rukun antar umat beragama sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia dalam UUD 1945.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Latifatuzlatifatuzzahro33@gmail.comA92216079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'la, Abdulabdalabs@gmail.com2005095701
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Sejarah > Sejarah Indonesia
Pemikiran
Keywords: A. Mukti Ali; modernisme Islam; kerukunan umat beragama.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Zahroh Latifatuz
Date Deposited: 02 May 2021 11:46
Last Modified: 02 May 2021 11:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47746

Actions (login required)

View Item View Item