Problematika keluarga kaya dalam pembelajaran jarak jauh anak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi: studi kasus di Perumahan TNI-AL, Griya Samudra Asri, Kramat Jegu, Taman, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatullah, Aggie Lisansyaputri (2021) Problematika keluarga kaya dalam pembelajaran jarak jauh anak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi: studi kasus di Perumahan TNI-AL, Griya Samudra Asri, Kramat Jegu, Taman, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aggie Lisansyaputri Rahmatullah_D91217034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulis mengkaji bagaimana terjadinya proses pembelajaran jarak jauh yang sedang terjadi di Indonesia khususnya di lingkungan keluarga mampu. Bagaimana output dari pembelajaran jarak jauh tersebut, seperti tingkah laku anak, paham tidaknya anak dengan materi, kesulitan belajar yang dirasakan anak, dan bagaimana tanggapan orang tua menjadi guru untuk anak-anaknya. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran jarak jauh anak keluarga kaya pada mata pelajaran pendidikan agama islam selama masa pandemi di Perumahan TNI-AL Griya Samudra Asri, Kramat Jegu, Taman, Sidoarjo 2) Bagaimana problematika keluarga kaya dalam pembelajaran jarak jauh anak pada mata pelajaran pendidikan agama islam selama masa pandemi di Perumahan TNI-AL Griya Samudra Asri, Kramat Jegu, Taman, Sidoarjo 3) Bagaimana solusi terhadap problematika keluarga kaya dalam pembelajaran jarak jauh anak pada mata pelajaran pendidikan agama islam di masa pandemi di Perumahan TNI-AL Griya Samudra Asri, Kramat Jegu, Taman, Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui dan memahami proses pembelajaran jarak jauh anak keluarga kaya pada mata pelajaran pendidikan agama islam selama masa pandemi. 2) Untuk mengetahui dan memahami tentang problematika keluarga kaya dalam pembelajaran jarak jauh anak pada mata pelajaran pendidikan agama islam selama masa pandemi. 3) Untuk mengetahui dan memahami tentang solusi dari problematika keluarga kaya dalam pembelajaran jarak jauh anak pada mata pelajaran pendidikan agama islam di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu berupa data yang berkaitan dengan tulisan dan lisan dari orang-orang yang diyakini dapat menjadi narasumber yang akurat, dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses pembelajaran jarak jauh jenjang SD dan SMP memiliki perbedaan tetapi tidak jauh berbeda. Pada jenjang SD pembelajaran lebih mengutamakan kenyamaan dan interaksi yang lebih antara orang tua dengan murid. Pada jenjang SMP pembelajaran lebih terstruktur dan terarah dan dengan mengandalkan video call dari berbagai platform manapun, Sehingga guru dapat memantau siswanya. 2) Problematika keluarga kaya dalam pembelajaran jarak jauh anak adalah kenaikan pengeluaran untuk kegiatan daring dan non-daring, kurangnya pemahaman anak terhadap materi yang diberikan, kesulitan belajar, ketergantungan anak terhadap gadget, pola perilaku anak yang menjadi lebih emosional. 3) Solusi dari problematika keluarga kaya dalam pembelajaran jarak jauh anak adalah beralih dari penggunaan internet telefon biasa ke wifi, menerapkan punishment and reward, memberikan pemahaman materi kepada anak dengan cara belajar bersama, pendekatan dari hati ke hati dengan obrolan malam antara ibu dan anak, pembatasan waktu untuk sebuah hal yang belum sepatutnya dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatullah, Aggie Lisansyaputriaggielisansyaputri@gmail.comD91217034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Problematika; Keluarga Kaya; Pembelajaran Jarak Jauh.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aggie Lisansyaputri Rahmatullah
Date Deposited: 10 May 2021 06:23
Last Modified: 10 May 2021 06:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47741

Actions (login required)

View Item View Item