Analisis penerapan etika bisnis islam terhadap kemajuan bisnis koperasi syariah: studi pada 212 Mart Kendangsari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidini, Firda Putri (2021) Analisis penerapan etika bisnis islam terhadap kemajuan bisnis koperasi syariah: studi pada 212 Mart Kendangsari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Putri Maulidini_G94217157.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis melakukan analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan dalam jangka waktu satu bulan penuh. Selanjutnya data yang diperoleh tersebut diolah menggunakan teknik editing, organizing, analyzing dan triangulasi. Teknik analisis data melalui langkah-langkah reduksi, pemaparan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam pada 212 Mart Kendangsari Surabaya telah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang meliputi kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebajikan. Dimana prinsip tersebut dicerminkan dalam aspek produk, pelayanan, pemasaran, sistem kerjasama dan lingkungan. Dampak dari penerapan etika bisnis Islam tersebut tidak berdampak positif dalam kemajuan bisnisnya, karena pendapatan yang diperoleh dan volume penjualan yang diestimasikan dari jumlah struk yang diperoleh mengalami fluktuasi dan cenderung menurun. Dan faktor penghambat dalam kemajuan bisnis tersebut meliputi lokasi yang kurang strategis, rendahnya pemahaman masyarakat mengenai ekonomi Islam, anggota yang kurang aktif dan produk yang kurang bervariasi. Penulis memberikan beberapa saran kepada pihak 212 Mart Kendangsari agar tetap istiqomah dalam menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, melakukan sosialisasi terkait pemahaman ekonomi Islam, lebih gencar dalam promosi serta produk yang disediakan agar lebih bervariasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidini, Firda Putrifirdamaulidini03@gmail.comG94217157
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Masalah sosial
Perusahaan Perdagangan
Wirausaha
Keywords: Etika Bisnis Islam; Kemajuan Bisnis; Koperasi Syariah; 212 Mart.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Firda Putri Maulidini
Date Deposited: 29 Apr 2021 22:14
Last Modified: 29 Apr 2021 22:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47732

Actions (login required)

View Item View Item