Peranan KH Sholeh Qosim dalam memajukan Pondok Pesantren Bahauddin Al-Ismailiyah di Ngelom Taman Sidoarjo Tahun 2000-2018 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arizamroni, mochammad (2021) Peranan KH Sholeh Qosim dalam memajukan Pondok Pesantren Bahauddin Al-Ismailiyah di Ngelom Taman Sidoarjo Tahun 2000-2018 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Arizamroni_A92217080.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah historis deskriptif, dimana penulis berusaha mendeskripsikan biografi Kiai Sholeh Qosim mulai dari asal dan awal kelahirannya hingga pada masa ia menjadi pengasuh pesantren Bahauddin al�Ismailiyah di Ngelom Sepanjang Taman serta perannya dalam memajukan pesantren tersebut. Selain itu teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran oleh Soerjono Soekanto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang didalamnya mencakup beberapa tahap yaitu: heuristic, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, yang Pertama Kiai Sholeh Qosim dilahirkan di Bangil Pasuruan pada tanggal 1 Januari 1930 dan meninggal di Ngelom pada tanggal 18 Mei 2018. ia merupakan putra dari Kiai Qosim dan Nyai Fatihah. Ia merupakan pengasuh dari pesantren Bahauddin al-Ismailiyah periode 2000-2018. KeduaPesantren Bahauddin al-Ismailiyah didirikan tahun 1958. Tokoh yang berperan dalam pendirian pesantren adalah Kiai Chamzah Ismail dan Kiai Imron Chamzah. Pada saat pesantren pertama berdiri masih menerima santri putri dan seiring berjalannya waktu pesantren mulai membuka beberapa sekolah formal dan asrama baru untuk pesantren putra. Yang ketiga Kiat-kiat KH. Sholeh Qosim dalam memajukan pondok pesantren Bahauddin Al-Ismailiyah setidaknya ada 2 yaitu kiat-kiat dalam menark calon santri dan kiat-kiat dalam menjaga mutu santri, pesantren dan tenaga pengajar. Selain itu ada juga faktor penghambat dalam perkembangan pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arizamroni, mochammadarizamronimochammad@gmail.comA92217080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Ahmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Keywords: KH Sholeh Qosim; Pondok Pesantren Bahauddin Al-Ismailiyah; Biografi; Kemajuan Pondok Pesantren Bahauddin Al-Ismailiyah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mochammad Arizamroni
Date Deposited: 29 Apr 2021 23:05
Last Modified: 29 Apr 2021 23:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47715

Actions (login required)

View Item View Item