Efektifitas pembelajaran daring dalam meningkatkan kemampuan Literasi Siswa pada mata pelajaran Al-Islam: study kasus di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan, Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Putri (2021) Efektifitas pembelajaran daring dalam meningkatkan kemampuan Literasi Siswa pada mata pelajaran Al-Islam: study kasus di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Rahmawati_D01217027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini proses evaluasi keefektifan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana digunakan angka untuk menggambarkan deskripsi penelitian, kemudian dideskripsikan. Dalam proses analisis data diperoleh dari hasil angket, wawancara dan dokumen. Metode yang dilakukan dengan mengamati praktik pembelajaran online dan menyebarkan kuesioner dari populasi sebanyak 532 siswa, kemudian mengambil sampel 30% siswa melalui teknik simple random sampling (pengambilan sampel berdasarkan homogenitas). Sampel berasal dari kategori XI.Sebanyak 169 responden menggunakan data ringkasan Google Form dan menggunakan Windows SPSS 22. Melalui uji validitas dan reliabilitas, keakuratan data yang dikumpulkan dapat dibuktikan. Teknik analisis ini menggunakan regresi linier sederhana untuk mengetahui keefektifan pembelajaran online untuk meningkatkan literasi siswa pada mata pelajaran Al-Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pembelajaran online di 3 SMA Muhammadiyah menggunakan media WhatsApp dan Google Meet; 2. Keterampilan literasi siswa di 3 sekolah binaan di Muhammadiyah, dan pembelajaran online siswa masih belajar online. Kemudian aktif membaca, menulis atau mencari informasi yang diperoleh dari internet dan buku teks Islam sebelum aktif mengunjungi perpustakaan, 3. Hasil keefektifan pembelajaran online pada uji reliabilitas menunjukkan bahwa pembelajaran online dapat digunakan sebagai dasar untuk kegiatan literasi siswa dengan hasil 0,710, sedangkan pembelajaran online dapat memberikan pengaruh 0,775 terhadap aktivitas literasi siswa, dan keefektifan pembelajaran online-nya adalah 43,6%. Hal ini berdampak pada peningkatan kemampuan literasi siswa pada mata pelajaran agama Islam. Efektivitas pembelajaran online dapat dicapai oleh guru yang mengelola pembelajaran secara kreatif dan inovatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Putriputrianggun2599@gmail.comD01217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohammadfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Internet
Menulis
Keywords: Efektifitas; Pembelajaran Daring; Literasi, Al-Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: PUTRI RAHMAWATI
Date Deposited: 02 May 2021 23:51
Last Modified: 02 May 2021 23:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47707

Actions (login required)

View Item View Item