الكلام الإنشائي الطلبي في كتاب مولد الضياء اللامع بذكر مولد الشافع للحبيب عمر بن حفيظ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathani, Ahmad (2021) الكلام الإنشائي الطلبي في كتاب مولد الضياء اللامع بذكر مولد الشافع للحبيب عمر بن حفيظ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Ahmad Fathani_A91217093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilmu Balaghah memiliki cabang ilmu yaitu ma’ani, bayan dan badi’. Dalam skripsi ini peniliti fokus membahas tentang salah satu cabang ilmu balaghah yaitu ilmu ma’ani khususnya kalam insya’. Kalam insya’ dibagi menjadi dua yaitu kalam insya’ thalabi dan kalam insya’ ghairu thalabi, adapun dalam skripsi ini hanya fokus membahas kalam insya’ thalabi, kalam insya’ thalabi adalah kalimat yang menghendaki terjadinya sesuatu yang belum terjadi saat kalimat itu diucapkan. Kitab maulid diyaul lami’ adalah kitab yang di dalamnya mengandung banyak sejarah tentang kehidupan Rasulullah SAW, kitab ini di tulis oleh Habib Umar bin Hafidz. Kitab maulid diyaul lami’ merupakan salah satu kitab maulid yang sering dibaca oleh umat islam diberbagai majlis, karena kitab maulid tersebut memiliki keistimewaan di antaranya adalah dalam segi pemilihan kata, penyusunan kalimat, dan keindahan makna yang di dalamnya terdapat kalam insya’ thalabi.Adapun fokus permasalahan dalam pembahasan skripsi ini ada dua, yang pertama adalah Apa macam-macam kalam insya’ thalabi dalam kitab maulid diyaul lami’ karangan habib Umar bin Hafidz, kemudian yang kedua adalah apa makna kalam insya’ thalabi dalam kitab maulid diyaul lami’ karangan habib Umar bin Hafidz.Dalam penelitian ini metode yang di gunakan untuk menunjang kelancaran peniliti adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendektan stilistika (Al-Balaghah) yaitu peneliti membaca data-data yang terdapat dalam kitab maulid diyaul lami’ kemudian mengelompokkan data-data yang termasuk dalam kalm insya’ thalabi. Penggunaan metode ini bertujuan untuk menemukan unsur-unsur balaghah yang terdapat dalam kitab maulid diyaul lami’ dan mengungkapkan makna-makna yang terkandung didalamnya.Berdasarkan dari analisis tersebut peneliti memperoleh data yang berupa kata-kata sebanyak 50 yang termasuk dalam Kalam Insya’ Thalabi dalam bentuk yang berbeda berbeda, yaitu : 39 data berbentuk Amr, 1 data berbentuk Nahi, 2 data berbentuk Istifham dan 8 data berbentuk Nida’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathani, Ahmadthoniahmad50@gmail.comA91217093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Mirwan Akhmadmirwan_at@yahoo.com198503142015031003
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Linguistik
Keywords: Kalam insya’ thalabi; Habib Umar bin Hafidz.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ahmad Fathani
Date Deposited: 26 Apr 2021 11:03
Last Modified: 26 Apr 2021 11:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47692

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item