Perancangan pusat apresiasi musik di Kota Surabaya dengan pendekatan arsitektur metafora

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Siti (2021) Perancangan pusat apresiasi musik di Kota Surabaya dengan pendekatan arsitektur metafora. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nafisah_H73216054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Musik adalah bahasa abstrak yang mampu menggerakkan emosi manusia. Musik berada dimana saja dan kapan saja, menjadi teman setia dalam semua lini kehidupan manusia. Sangat bisa dipahami jika musik bagi sebagian besar orang adalah penghibur hati, dan memberikan rasa senang. Musik adalah hiburan yang sangat unik yang dihasilkan dari harmonisasi beberapa alat musik dan vokal. (Rio Winto, 2017). Potensi perkembangan musik di Indonesia sangat besar, bahkan menurut peneliti jumlah lagu yang diciptakan oleh seniman Indonesia mencapai 500 lagu per hari. Pada perkembangan zaman saat ini, musik telah berkembang menjadi sebuah industry yang cukup menjanjikan. Di Indonesia sendiri banyak musisi ataupun band dengan nuansa musik yang beragam. Diantaranya jenis musik yang sering kita dengar yakni musik klasik, pop, jazz, R&B, country, rock. (Heru Purwanto, 2007). Pusat Apresiasi Musik ini adalah suatu tempat yang mewadahi dalam memahami dan minlai musik serta berbagai hal yang berhubungan dengan aktivitas seseorang dalam bermusik. Untuk menunjang keberadaan Pusat Apresiasi Musik sebagai wadah aktivitas bermusik masyarakat, perlu adanya penampilan bangunan yang mampu menyampaikan maksud perancangannya kepada pengguna maupun orang lain. Hal tersebut menjadi pertimbangan dalam merancang pusat apresiasi musik dengan pendekatan arsitektur metafora. Kata Kunci : Pusat Apresiasi Musik, Arsitektur Metafora.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, Sitisnafisah154@gmail.comH73216054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@uinsby.ac.id197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Musik
Keywords: Pusat apresiasi musik; pendekatan arsitektur metafora.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Siti Nafisah
Date Deposited: 10 May 2021 05:27
Last Modified: 10 May 2021 05:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47689

Actions (login required)

View Item View Item