Perancangan Banyuwangi cultural center dengan pendekatan neo-vernakular

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bafaqih, muhammad yusuf (2021) Perancangan Banyuwangi cultural center dengan pendekatan neo-vernakular. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Yusuf Bafaqih_H73216049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyuwangi merupakan salah satu kota yang terletak di jawa timur yang memiliki beragam seni dan kebudayaan. Banyaknya budaya dan keinginan untuk menarik minat masyarakat membuat Kota Banyuwangi sering mengadakan festival budaya. Festival ini mencakup kegiatan yang bersifat seni, budaya. Di jaman ini banyaknya aktivitas dan rutinitas sehari-hari membuat masyarakat baik anak-anak, remaja, maupun dewasa membutuhkan suatu tempat untuk bersosialisasi, bersantai, dan rekreasi. Namun juga zaman yang semakin maju ini membuat kepeminatan anak muda terhadap kebudayaan semakin berkurang, bahkan dianggap ketinggalan zaman, terlebih juga masyarakat Banyuwangi mereka cenderung membutuhkan tempat yang dapat mewadahi aktivitas bersantai dan beristirahat untuk melepas kepenatan yang sifatnya rekreatif. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan menyediakan wadah atau tempat yang fungsional sebagai sarana berkumpul yang mewadahi aktivitas, tempat bersosialisasi, dan edukasi bagi masyarakat sekaligus untuk mempromosikan karya masyarakat daerah mereka. Perancangan Banyuwangi Cultural Center ini memiliki konsep dasar yaitu adalah “The House of Osing” yaitu rumah adat suku Osing yang tinggal di banyuwangi. Dengan konsep ini menerapkan ciri khas rumah adat suku Osing seperti zonasi ruang dan atap rumah adat suku osing. Dengan pendekatan Arsitektur neo-vernakular dirasa sangat cocok untuk mengengembalikan kembali minat dan semangat bagi para pemuda untuk melestarikan budaya lokal yang kemudian dikemas dalam sebuah desain arsitektural berupa bangunan serta elemen pendukung lainnya. Sehingga diharapkan dapat menampilkan desain yang sesuai dengan teori-teori dan prinsip Arsitektur neo-vernakular.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bafaqih, muhammad yusufmuhammadyusufbafaqih@gmail.comH73216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id,2002047903
Subjects: Arsitektur
Kebudayaan Jawa
Budaya
Keywords: Perancangan; Pusat seni dan budaya; Neo-vernakular; the House of Osing; Banyuwangi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Muhammad yusuf Bafaqih
Date Deposited: 02 May 2021 23:03
Last Modified: 02 May 2021 23:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47688

Actions (login required)

View Item View Item