Pengaruh belajar kelompok terhadap hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV MI Asasul Huda Tulangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zihara, Adina Umami (2021) Pengaruh belajar kelompok terhadap hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV MI Asasul Huda Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adina Umami Zihara_D97217080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV. Hal tersebut terjadi ketika pembelajaran daring berlangsung selama masa pandemi. Tugas-tugas yang diberikan oleh guru tidak dikerjakan dengan baik sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk membantu hasil belajar peserta didik adalah melaksanakan kegiatan belajar kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan belajar kelompok aqidah akhlak di kelas IV MI Asasul Huda Tulangan Sidoarjo. 2) Hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV MI Asasul Huda Tulangan Sidoarjo. 3) Pengaruh belajar kelompok terhadap hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV MI Asasul Huda Tulangan Sidoarjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes, lembar angket, dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan belajar kelompok aqidah akhlak di kelas IV berjalan dengan baik sesuai dengan hasil observasi yang diperoleh. 2) Hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV baik terbukti dengan rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebesar 83,15. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh belajar kelompok terhadap hasil belajar aqidah akhlak kelas IV dengan perhitungan analisis regresi linier sederhana diperoleh pengaruh sebesar 80,7 %. Berdasarkan nilai t diketahui nilai thitung sebesar 10,480 > ttabel 2,060. Sehingga variabel belajar kelompok berpengaruh terhadap variabel hasil belajar. Taraf signifikasi yang diperoleh sebesar 0,000 yang mana kurang dari 0,05 dan ditulis 0,00 < 0,05, maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi variabel hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel belajar kelompok (X) terhadap variabel hasil belajar (Y).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zihara, Adina Umamiadinaumamiz@gmail.comD97217080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisormunawir, munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Belajar
Keywords: Belajar kelompok; Hasil belajar; Aqidah akhlak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adina Umami Zihara
Date Deposited: 24 Apr 2021 07:11
Last Modified: 24 Apr 2021 07:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47675

Actions (login required)

View Item View Item