Peran kreativitas guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran SKI kelas IX di MTs Negeri 1 Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyad, Sabilur (2021) Peran kreativitas guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran SKI kelas IX di MTs Negeri 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabilur Rosyad_ D91217133.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah mengenai peran kreativitas guru SKI sebagai pendidik yang mempunyai misi tercapainya tujuan dari pendidikan, yakni mengembangkan potensi baik yang ada di dalam diri setiap individu agar menjadi pribadi yang mantab sebagai hamba Allah Swt. Berdasarkan realitas yang ada, saat ini sistem pendidikan yang berlangsung sedang mengalami perubahan, dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara online/daring akibat dari mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia. Sehingga proses belajar mengajar siswa dilaksanakan dari rumah masing-masing tanpa perlu ke sekolah. Sistem pembelajaran ini ketika diterapkan terdapat beberapa kendala atau permasalahan yang dihadapi, baik dari pihak sekolah, guru, maupun siswa. Beberapa kendala yang dihadapu diantaranya, jaringan internet yang terganggu, tidak adanya kuota internet, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang menurun akibat terlalu bosan dan jenuh. Oleh sebab itu, para siswa membutuhkan peran seorang guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran daring.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kereativitas guru pada pembelajaran daring, mengetahui aktivitas belajar siswa dalam hal ini kelas IX pada pembelajaran daring, dan peran kreativitas guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran SKI di MTsN 1 Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan adalah model analisis Spradley dengan melalui empat tahapan yaitu, Domain, Taksonomi, Komponensial, dan Tema Kultural. Hasil dari penelitian skripsi ini adalah 1) kreativitas guru mapel SKI pada pembelajaran daring dengan memanfaatkan media yang tersedia, seperti WhatsApp, E-Learning, Youtube, Google Classrom, Google Form, Google Meet, Zoom, Quizizz, dll, menggunakan berbagai model pembelajaran, dan memberikan tugas yang beragam. Selain itu, guru juga memberikan semangat motivasi dan memiliki sifat yang sabar, disiplin. 2) aktivitas belajar siswa kelas IX ketika pembelajaran daring dilihat dari konsep belajar adalah membaca, mengamati, menulis, dan melakukan observasi. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. 3) dari kreativitas yang dimiliki oleh guru mapel SKI kelas IX MTsN 1 Pasuruan sebagi pendidik, pembimbing, dan motivator mempunyai peran dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IX untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyad, Sabilursrosyad46@gmail.comD91217133
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorNawawi, M.abuasimazz@yahoo.com2015045701
Subjects: Belajar
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peran Kreativitas; Aktivitas belajar; Guru; Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sabilur Rosyad
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:19
Last Modified: 23 Apr 2021 02:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47665

Actions (login required)

View Item View Item