Analisis butir soal penilaian tengah semester pada pembelajaran Tema 3 Kelas V MI Miftahul Ulum Al-Islamy Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choirunisa, Indah (2021) Analisis butir soal penilaian tengah semester pada pembelajaran Tema 3 Kelas V MI Miftahul Ulum Al-Islamy Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Choirunisa_D07217009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penilaian Tengah Semester adalah salah satu bentuk tes yang dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan untuk mengukur dan menilai hasil belajar peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil data observasi, peneliti melihat adanya kejanggalan dalam hasil yang diperoleh peserta didik terhadap soal Penilaian Tengah Semester pada Pembelajaran Tema 3 Kelas V di MI Miftahul Ulum Al-Islamy Bangkalan Tahun Ajaran 2020/2021. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Tingkat Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Dan Distraktor Pada Butir Soal Penilaian Tengah Semester Pembelajaran Tema 3 Kelas V Di MI Miftahul Ulum Al-Islamy Bangkalan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di MI Miftahul Ulum Al-Islamy Bangkalan yang berjumlah 23 peserta didik. Objek dari penelitian ini adalah soal Penilaian Tengah Semester, kunci jawaban, beserta jawaban dari peserta tes. Data diperoleh melalui metode dokumentasi dan juga wawancara mengenai soal, kunci jawaban, beserta jawaban dari peserta tes. Data dianalisis menggunakan program komputer berupa Microsoft Excel 2010 untuk mengetahui tingkat dari validitas butir soal, reliabilitas butir soal, tingkat kesukaran butir soal, daya beda butir soal, beserta penggunaan distraktor pada soal. Hasil analisis dari 20 butir soal pilihan ganda pada Penilaian Tengah Semester Tema 3 Kelas V di MI Miftahul Ulum Al-Islamy Bangkalan tahun ajaran 2020/2021 menunjukkan bahwasanya (1) Tingkat validitas pada soal terdiri dari 2 item soal dengan kategori validitas sedang, 4 item soal kategori validitas rendah, dan 14 item soal lainnya berkategori validitas sangat rendah. (2) Tingkat reliabilitas pada soal sangat rendah yakni sebesar -0,787. (3) Tingkat kesukaran pada soal terdiri dari 10 item soal dengan kategori mudah, 5 item soal kategori sedang, dan 5 item soal lainnya berkategori sukar. (4) Tingkat daya pembeda pada soal terdiri dari 2 item soal dengan kategori baik, 4 item soal kategori cukup, dan 14 item soal lainnya berkategori tidak baik. (5) Tingkat distraktor pada soal terdiri dari 8 item soal yang berfungsi sangat baik, 1 item soal berfungsi baik, 7 item soal berfungsi cukup, dan 4 item soal lainnya berfungsi tidak baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choirunisa, Indahindahchoirunisa11@gmail.comD07217009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorsihabudin, sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Analisis Butir Soal; Penilaian Tengah Semester.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Choirunisa
Date Deposited: 25 Apr 2021 02:56
Last Modified: 25 Apr 2021 02:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47657

Actions (login required)

View Item View Item