Inovasi guru mapel Fikih dalam mengelola kelas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dahlia, Cici Bungah (2021) Inovasi guru mapel Fikih dalam mengelola kelas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cici Bungah Dahlia_D91217044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Inovasi Guru Mapel Fikih Dalam Mengelola Kelas Di MAN 1 Lamongan” bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk inovasi guru Mapel Fikih dalam mengelola kelas dan apa saja kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pengelolaan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang dimana pada penelitian ini sumber data yang diperoleh berasal dari wawancara yang terdiri atas sumber data primer yaitu Guru Fikih dan sumber data sekunder atau sumber pendukung yaitu dari siswa dan juga waka kurikulum di MAN 1 Lamongan. Adapun terknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi menunjukan bahwa proses pelaksanaan dalam pengelolanan kelas yang dilakukan oleh guru Mapel Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan berjalan dengan efektif dan efisien, adapun bentuk pengelolaan yang dilakukan oleh Guru Mapel Fikih adalah melakukan rolling tempat duduk seminggu sekali, melakukan metode pembelajaran jigsaw dan metode lainnya menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan, pembelajaran dilaksanakan di luar kelas contoh pada materi shalat jenazah yang dilakukan di masjid, melakukan praktek manasik haji dengan mengubah meja menjadi satu seolah-oleh menjadi ka’bah, dan menyiapkan media pembelajaran yang menarik, contohnya membuat video pembelajaran berbasis audio visual. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam melaksanakan pengelolaan kelas adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar, kurangnya kesadaran guru dalam memanajamen waktu sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran kurang efektif, dan sesuatu yang telah dirancanakan terkadang berbeda situasi dan kondisinya di dalam kelas sehingga membuat pelaksanaannya kurang maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dahlia, Cici Bungahbungahdahliacici5744@gmail.comD91217044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknosutikno@uinsby.ac.id2006086803
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Fikih
Guru
Keywords: Inovasi; Pengeloaan Kelas; Pelajaran Fikih.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cici Dahlia
Date Deposited: 22 Apr 2021 14:31
Last Modified: 22 Apr 2021 14:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47652

Actions (login required)

View Item View Item