Analisis penggunaan media Powerpoint pada mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk meminimalisir kejenuhan peserta didik Kelas VIII dalam belajar di Mts Al-Muslimun Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kasanah, Alfiyatul (2021) Analisis penggunaan media Powerpoint pada mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk meminimalisir kejenuhan peserta didik Kelas VIII dalam belajar di Mts Al-Muslimun Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiyatul Kasanah_D91217038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meminimalisir kejenuhan yang dialami oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint. Kurangnya minat dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru, dikarenakan pembelajaran yang dirasa membosankan terlalu monoton yang mengakibatkan peserta didik merasa jenuh maka guru harus kreatif dalam menyampaikan materi yakni salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran berbasis powerpoint. Rumusan masalah yang akan dijawab melalui penelitian ini, yaitu: (1). Bagaimana kegiatan pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan media powerpoint di MTs Al-Muslimun Lamongan (2). Faktor-faktor apa dari pembelajaran berbasis powerpoint yang dapat meminimalisir kejenuhan peserta didik kelas VIII di MTs Al-Muslimun Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu sumber data yang diperoleh dari observasi, interview, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Setelah data terkumpul, data akan diklasifikasikan dan menganalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analitik, yaitu teknik yang digunakan terhadap suatu data yang telah dikumpulkan sebelumnya, kemudian akan disusun, dijelaskan dan yang terakhir yakni dianalisis. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan dengan pemilihan powerpoint sebagai media pembelajaran, yakni mampu memberikan kesan menarik dalam bentuk kreasi dan inovasi dalam memberikan materi lebih mudah untuk dipahami dan dappat meminimalisir kejenuhan dengan cara mengelola kelas dengan kreatif, pendekatan ke peserta didik, dan berpusat pada peserta didik. Factor yang dapat meminimalisir kejenuhan dari pembelajaran pembelajaran berbasis powerpoint, yaitu adanya efek visual, mudah untuk dibagikan, dan dilengkapi banyak tools. Adapun pengaruh dari factor internal, yaitu fisik, dan kelelahan. Sedangkan dari factor eksternal, yaitu cara guru untuk mendidik peserta didik, motivasi, dan pembelajaran yang monoton. Powerpoint sebagai media pembelajaran dapat meminimalisir kejenuhan karena mampu memberikan kesan menarik dalam bentuk kreasi dan inovasi dalam menyampaikan materi ke peserta didik, peserta didik lebih mudah untuk memahami materi yang telah disampaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kasanah, Alfiyatulalfiatulkhaa@gmail.comD91217038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@gmail.com2011077202
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Psikologi Belajar
Keywords: Media Pembelajaran; Powerpoint; Kejenuhan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfiyatul Kasanah
Date Deposited: 22 Apr 2021 09:18
Last Modified: 22 Apr 2021 09:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47649

Actions (login required)

View Item View Item