Pengaruh strategi pembelajaran card sort melalui media visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VIII MTS Bahrul Ulum Blawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Afifatul (2021) Pengaruh strategi pembelajaran card sort melalui media visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VIII MTS Bahrul Ulum Blawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifatul Fauziyah_D91217077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran card sort melalui media visual pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTS Bahrul Ulum Blawi. Permasalahan yang dikaji peneliti : 1) Bagaimana strategi pembelajaran Card Sort melalui media visual mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTS Bahrul Ulum Blawi ; 2) Bagaimana hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTS Bahrul Ulum Blawi ; 3) Bagaimana pengaruh strategi pembelajaran Card Sort melalui media visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTS Bahrul Ulum Blawi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak ditemukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih menurun dengan hasil nilai yang dibawah KKM, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah metode atau strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Tidak dipungkiri bahwa metode atau strategi pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa, namun masih banyak guru yang belum memanfaatkan berbagai macam metode atau strategi pembelajaran yang menyebabkan siswa merasa jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif eksperimen dengan subjek penelitian Siswa kelas VIII di MTS Bahrul Ulum Blawi tahun pelajaran 2020/2021. Jumlah populasinya adalah 29 siswa dengan menggunakan keseluruhan populasi sebagai responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes (pretest dan posttest), dan wawancara. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis uji t berpasangan (paired sampel t-test). Hasil penelitian menunjukkan : 1) strategi pembelajaran Card Sort melalui media visual terdapat hasil 35,86% pada rentang 25% - 49% yang termasuk dalam kategori cukup baik. 2) hasil belajar siswa terdapat pada hasil 100% pada rentang 75% - 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik. 3) pengaruh strategi pembelajaran Card Sort melalui media visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTS Bahrul Ulum Blawi menggunakan teknik analisis uji t berpasanagan (paired sampel t-test) dengan hitungan manual diketahui bahwa nilai T hitung = 16,67 dan T tabel = 2,048 maka diperoleh t hitung > t tabel atau 16,67 > 2,048. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran card sort melalui media visual memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTS Bahrul Ulum Blawi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Afifatulafifatul.fauziyah22@gmail.comD91217077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Subjects: Fikih
Pendidikan Islam
Keywords: Strategi Pembelajaran Card Sort Melalui Media Visual; Hasil Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afifatul Fauziyah
Date Deposited: 21 Apr 2021 12:53
Last Modified: 21 Apr 2021 12:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47631

Actions (login required)

View Item View Item