Hadis tentang Al-Ghulluw Fi Al-Din dalam kitab Sunan Ibn Majah No. Indeks 3029: nalar moderasi dalam memahami hadis tentang ekstrem beragama perspektif Yusuf Qardhawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Susi (2021) Hadis tentang Al-Ghulluw Fi Al-Din dalam kitab Sunan Ibn Majah No. Indeks 3029: nalar moderasi dalam memahami hadis tentang ekstrem beragama perspektif Yusuf Qardhawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Susi Wulandari_E95217086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang sering terjadi saat ini ialah maraknya gerakan ekstrem yang mengatas namakan Islam, bahkan menjadikan teks keagamaan sebagai landasan dalam gerakan tersebut. Untuk itu sangat penting mengetahui hadis sebagai penjelas Alquran, dan memahami hadis secara moderat untuk mendapatkan pemahaman yang utuh atau tidak terlalu berlebihan, hal tersebut akan dipraktekkan langsung dalam penelitian ini, bagaimana hadis tentang al-Ghulluw fi al-Din dalam kitab sunan ibn majah no. indeks 3029 dengan nalar moderasi dalam memahami hadis tentang ekstrem beragama perspektif yusuf qardhawi yang akan diteliti tentang kualitas kehujjahannya, nalar moderasi memahami hadis perspektif Yusuf Qardhawi, serta prinsip-prinsip Yusuf Qardhawi dalam moderasi beragama. Dalam menjawab kajian tersebut penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dengan model penelitian kualitatif yakni jenis penelitian library research atau studi kepustakaan yang menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang diperoleh bersumber dari berbagai pustaka dengan metode pengumpulan data yakni metode dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan analisis deskrip (Content Analysis) yang menggunakan pendekatan ilmu hadis yakni kritik sanad dan kritik matan, meliputi jarh wa ta’dil, rijal al-hadis yang berhubungan dengan sanad dan kritik matan serta menggunakan nalar pemahaman Yusuf qardhawi dalam memahami hadis secara moderat. Penelitian ini mendapat kesimpulan akhir yakni kualitas dan kehujjahan hadis riwayat Ibn Majah nomor Indeks 3029 tentang al-Ghulluw fi al-Din ialah dari segi kualitas ialah shahih lidhatihi dan hukum kehujjahannya yakni wajib diamalkan, setelah melakukan pendekatan nalar memahami hadis prespektif hadis Yusuf Qardhawi dapat disimpulkan bahwa hadis tersebut tidak bertentangan dengan Alquran ataupun hadis lainnya dan dapat dipahami bahwa dilarang berlebihan dalam beragama, bahkan prinsip-prinsip Yusuf Qardhawi dalam beragama disebutkan untuk bersikap moderat dalam beragama yakni tidak kurang ataupun berlebihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Susisusiwulanfebiansyah@gmail.comE95217086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar--2005076201
Subjects: Biografi
Hadis
Keywords: Moderasi; Hadis; Yusuf Qardhawi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Susi Wulandari
Date Deposited: 18 Apr 2021 17:48
Last Modified: 18 Apr 2021 17:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47575

Actions (login required)

View Item View Item