Kritik sosial dalam iklan televisi rokok A Mild Go Ahead versi bukan main

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhurrosi, Fadhurrosi (2021) Kritik sosial dalam iklan televisi rokok A Mild Go Ahead versi bukan main. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadhurrosi_B75217115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap representasi kritik sosial yang ditampilkan dalam iklan televisi rokok A Mild Go Ahead versi Bukan Main. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika yang berguna untuk menggali fakta dan data mengenai iklan televisi rokok A Mild, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran John Fiske, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang iklan televisi rokok A Mild. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi yang terbangun melalui tayangan iklan ini adalah hubungan antara A Mild dengan publik yang memposisikan dirinya sebagai sebuah brand rokok dan pihak yang memiliki kuasa. Strategi promosi “Bukan Main” merupakan sebuah bungkus ideologi perusahaan Sampoerna demi tetap menjaga citra prusahaan dan karakternya di benak publik melalui tema kritik sosial yang dibalut dengan satirisme realitas sosial. Beberapa saran dan rekomendasi yang diperkirakan dapat menjadi bahan pertimbangan adalah unsur tampilan A Mild lebih relevan apabila tetap mengusung tema satire dan mengandung kritik sosial yang lebih mudah dipahami secara gamblang oleh semua lapisan masyarakat serta memfokuskan pembahasan mengenai kebiasan masyarakat digital yang semakin marak saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhurrosi, Fadhurrosifadhur.rosi15@gmail.comB75217115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullah--2017126501
Subjects: Iklan
Keywords: Iklan: Representasi: Kritik Sosial.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fadhurrosi Fadhurrosi
Date Deposited: 18 Apr 2021 12:46
Last Modified: 18 Apr 2021 12:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47561

Actions (login required)

View Item View Item