Fenomena polarisasi Kelompok Santri dalam Aksi Bela Islam 212: studi kasus di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin pusat Desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amviarno, Muhamad Cahyo (2020) Fenomena polarisasi Kelompok Santri dalam Aksi Bela Islam 212: studi kasus di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin pusat Desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Cahyo Amviarno_E04213067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai gambaran megenai fenomena yang terjadi di dalam Pesantren Mamba‟us Sholihin terhadap terjadinya aksi bela islam 212 yang berada di Jakarta beserta beberapa perbedaan pendapat serta pemikiran yang sempat memicu terjadi polarisasi kelompok santri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive dengan total 6 informan yang merupakan santri dan ustadz di Pesantren Mamba‟us Sholihin. Hasil dari penelitian ini meunjukkan bahwa fenomena polarisasi kelompok santri di Pesantren Mamba‟us Sholihin dalam aksi bela islam 212 terjadi karena adanya perbedaan sudut pandang mengenai aksi tersebut. Sedangkan santri yang menolak untuk berangkat memiliki pertimbangan yang sempat mereka kaji melalui kajian yang dilaksanakan untuk mencari titik temu untuk memantapkan ketidak berangkatan santri yang tidak ikut dalam aksi dikarenakan mereka mengambil benang merah pada kajian-kajian yang dilakukan pada dasarnya tindakan aksi bela Islam yang dilakukan adalah aksi yang dipelopori oleh ormas- ormas FPI bukan ormas yang mengatas namakan aliran yang dianut oleh pesantren yaitu NU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amviarno, Muhamad Cahyocahyooplek20@gmail.comE04213067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzakyismail@uinsby.ac.id2030128201
Subjects: Partai Politik
Pemilihan Umum
Keywords: Polarisasi; Santri; Aksi Bela Islam 212.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: MUHAMAD CAHYO AMVIARNO
Date Deposited: 14 Apr 2021 23:26
Last Modified: 14 Apr 2021 23:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47547

Actions (login required)

View Item View Item