Relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan Konsep Merdeka Belajar Nadhim Makarim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Berkamsyah, Eka Prasetya (2021) Relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan Konsep Merdeka Belajar Nadhim Makarim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Prasetya Berkamsyah_D01217011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, problematika yang ada di sektor pendidikan di Indonesia terasa sangat kompleks, dari mulai permasalahan tenaga pendidik hingga kebijakan kurikulum yang masih sangat labil konsistensinya. Pendidikan yang ada sekarang di sajikan dengan pembawaan yang kaku dan bersifat formatif. Hingga kondisi yang demikian ini memunculkan sebuah paradigma di peserta didik bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang membosankan dan monoton. Hilangnya nilai-nilai pendidikan yang harusnya menjadikan peserta didik sebagai subjek di dalamnya adalah hasil dari diskontinuitas pemahaman pendidikan yang telah bergeser dari pendidikan ke pendiktean. Dimana sekarang peserta didik dipaksa untuk mengikuti sistem yang ada tanpa menghiraukan apa yang menjadi potensi dari peserta didik tersebut. Yang terjadi sekarang adalah semua murid di paksa untuk memenuhi standart yang sama mengenai pemahaman suatu pelajaran, bukan dituntun agar ia menyukai apa yang ia pelajari. Merdeka Belajar merupakan sebuah gebrakan baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dimana memberikan sebuah kebebasan pada pendidik dan peserta didik untuk menjalakan proses belajar mengajar. Hal ini tidak terlepas dari tujuan Merdeka Belajar itu sendiri yang coba menciptakan iklim pendidikan yang lebih fleksibel sebagai upaya meningkatkan potensi yang ada pada diri peserta didik. Sementara dalam sudut pandang Ki Hajar Dewantara, beliau memandang pendidikan sebagai sebuah tuntunan yang menuntun anak didik menemukan potensi terbaiknya. Merdeka Belajar disini sedikit banyak adalah manifestasi rancangan pendidikan yang di gagas oleh Ki Hajar Dewantara. Karena dalam Merdeka Belaja memuat nilai-nilai penddikan yang humanis serta mengedepankan peserta didik sebagai subjek utama dalam pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Berkamsyah, Eka Prasetyaekpras342@gmail.comD01217011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorChanna, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Subjects: Agama
Belajar
Keywords: Merdeka Belajar; Ki Hajar Dewantara; Pendidikan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Prasetya Berkamsyah
Date Deposited: 14 Apr 2021 21:58
Last Modified: 14 Apr 2021 21:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47525

Actions (login required)

View Item View Item