Analisis Fatwa DSN MUI No. 77/V/2010 terhadap jual beli emas tidak tunai di Desa Pilang, Wonoayu, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayuningtyas, Alifia Icha (2020) Analisis Fatwa DSN MUI No. 77/V/2010 terhadap jual beli emas tidak tunai di Desa Pilang, Wonoayu, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifia Icha Ayuningtyas_C92216083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan cara deskriptif kualitatif yaitu menguraikan dan menjelaskan seluruh permasalahan yang ada secara benar dan jelas tentang data yang berkaitan dengan masalah jual beli emas secara tidak tunai. Kemudian penjelasan tersebut disampaikan dengan pola pikir induktif yaitu menarik suatu kesimpulan dari yang bersifat khusus ke umum. Dalam hal ini yaitu pendapat hukum Fatwa DSN MUI No. 77/V/2010 digunakan untuk menganalisa jual belie mas tidak tunai di Pilang, Wonoayu, Sidoarjo. Praktik jual beli emas tidak tunai, emas yang dijual adalah perhiasan seperti cincin, gelang, kalung, anting-anting. Penjual pertama menjual emas perhiasan dengan sistem memesan emas terlebih dahulu, tapi penjual kedua menjual emas yang sudah dibelinya terlebih dahulu. Mereka menambahkan bunga untuk harga perhiasan karena membayarnya diangsur. Juga ada denda jika membayar angsuran terlambat. Denda tersebut harganya tetap, tidak bertambah. Dalam praktik jual beli emas tidak tunai di Desa Pilang, Wonoayu, Sidoarjo . sudah memenuhi rukun dan syarat bagi penjual kedua, tapi untuk penjual pertama belum, karena menjual perhiasan yang belum ada, tidak memenuhi rukun dan syarat objeknya. Dan juga dalam hukum Islam jual beli yang mengandung riba haram hukumnya. Pada Fatwa DSN juga sudah menjelaskan bahwa boleh menjual emas tidak tunai asalkan tidak ada tambahan harga. Saran bagi penjual dan pembeli agar menjalankan praktik jual beli dengan jujur dan sesuai dengan syariat Islam. Agar tidak merugikan kedua belah pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayuningtyas, Alifia Ichaalifiaicha84@gmail.comC92216083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChoiroh, Ifa Mutitulifachoiroh@gmail.com2030047902
Subjects: Fatwa
Hukum Islam > Jual Beli
Pendidikan > Metode
Keywords: Jual beli; Emas; Jual beli emas tidak tunai.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Alifia Icha Ayuningtyas
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:27
Last Modified: 14 Apr 2021 02:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47515

Actions (login required)

View Item View Item