Authentic Happines pada Perempuan yang menikah di usia muda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uyun, Khurotul (2021) Authentic Happines pada Perempuan yang menikah di usia muda. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khurotul Uyun_J01216017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan mengetahui gambaran Authentic Happiness pada Perempuan yang Menikah di Usia Muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, mengandalkan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Informan penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang, meliputi 3 (tiga) orang informan utama dengan inisial HU, FH dan RN. Serta 3 (tiga) orang significant other dengan insial TH, HS dan WA. Lokasi penelitian studi kasus in terdapat di Kecamatan Jabon dan sekitarnya, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia.Teori yang dipakai untuk membedah, menguliti dan menggambarkan authentic happiness adalah Seligman (2005) yang membaginya menjadi 3 (tiga) aspek utama, yaitu Aspek Kenikmatan Lahir dan Batin, Aspek Keterikatan dengan Aktivitas dan Aspek Pemaknaan dalam Hidup. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa dari 6 (enam) informan tersebut memiliki pola, dinamika dan pemaknaan yang identik dengan sebagian umum rumah tangga yang ada di masyarakat. Kesimpulan dari gambaran Aspek Kenikmatan Lahir dan Batin, dari 6 (enam) informan menjelaskan bahwa merasa bahagia, senang, cinta, sayang dalam rumah tangga yang dibangun dari menikah di usia muda, selain itu informan juga dicukupi secara lahir dalam bentuk nafkah yang diberikan oleh suaminya. Berikutnya, Aspek Keterikatan dengan Aktivitas, dari 6 (enam) informan tersebut memaparkan bahwa komitmen, serius, dan tanggung jawab dalam keluarga dengan bekerja, merawat anak, melayani suami, dan mengurus pekerjaan rumah dengan baik. Dalam Aspek Pemaknaan dalam Hidup, dari 6 (enam) informan tersebut memaknai rumah tangga yang dibangun dari pernikahan di usia muda ini sebagai ibadah, menghindari maksiat, serta merasa sangat sayang/cinta kepada pasangannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uyun, Khurotulkhurotuyu@gmail.comJ01216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsby.ac.id2012067403
Subjects: Keluarga
Psikologi
Keywords: Kebahagiaan Otentik; Menikah di Usia Muda; Rumah Tangga.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Khurotul Uyun
Date Deposited: 09 May 2021 04:30
Last Modified: 09 May 2021 04:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47449

Actions (login required)

View Item View Item