Strategi penghimpunan dana ZISWAF di LAZ Yatim Mandiri Lamongan di masa pandemi COVID-19 dalam perspektif manajemen strategi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andriani, Fitri (2021) Strategi penghimpunan dana ZISWAF di LAZ Yatim Mandiri Lamongan di masa pandemi COVID-19 dalam perspektif manajemen strategi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri_Andriani_G95217032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk penelitian ini, penulis menggunakan metodologi penelitian pendekatan deskriptif kualitatif yaitu metode yang dipakai sebagai analisi data berdasarkan kebenaran atau fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Diamana penulis menggunakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif kualitatif yang berupa tulisan atau lisan dari orang-orang (narasumber) atau perilaku yang dapat diamati oleh penulis.Tekni pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu melalui obserfasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh LAZ Yatim Mandiri Lamongan dalam meningkatkan penghimpun dana di masa pandemi COVID-19 ada empat cara, pertama: menggunakan strategi darat yaitu strategi langsung atau strategi tatap muka dengan muzakki, kedua : menggunakan strategi tidak langsung atau strategi udara yaitu strategi melalui media sosial, ketiga : strategi pengiklanan untuk mengetuk hati donatur atau muzakki, dan keempat : strategi membina dan melayani donatur atau muzakki peroranagan. Sedangkan langkah LAZ Yatim Mandiri Lamongan untuk mencapai keempat strategi tersebuat ada dua cara : (1) melakukan sosialisasi yang dilakukan oleh LAZ Yatim Mandiri Lamongan di masa pandemi COVID-19 ini melaluai brosur, majalah, web, facebook dan media sosial lainnya, (2) pendekatan melalui program-program baru yang telah dibuat oleh lembaga LAZ Yatim Mandiri di masa pandemi COVID-19. Manajemen strategi yang dilakukan oleh LAZ Yatim Mandiri ada tiga yaitu membuat perumusan strategi, melaksanakan dan menerapkan strategi dan melalukan pengevaluasian terhadap strategi. Dengan terlaksanakannya strategi dan manajemen strategi yang dibuat oleh lembaga maka kesejahteraan anak yatim dhuafa dan janda dhuafa yang terdampak COVID-19 dapat dikatakan terwujud.Dari hasil penelitian diatas, disarankan kepada LAZ Yatim Mandiri Lamongan untuk lebih maksimal dalam mengajak masyarakat dalam mendonasikan dananya di masa pandemi COVIID-19 agar lembaga bisa lebih banyak mensejahterakan para yatim dhuafa dan janda dhuafayang ada di kota Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andriani, Fitrifitriandriani690@gmail.comG95217032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsy.ac.id198106062009012008
Subjects: Hukum Islam > Wakaf
Manajemen Strategi
Zakat
Keywords: Manajemen strategi; Penghimpunan dana; ZISWAF dan COVID-19.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: FITRI ANDRIANI
Date Deposited: 11 Apr 2021 06:18
Last Modified: 11 Apr 2021 06:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47446

Actions (login required)

View Item View Item