Analisis hukum islam dan peraturan daerah Kota Surabaya Nomor 7 Tahun 2012 terhadap sewa tempat pemakaman di TPU Keputih Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Moch Iqbal Rizki (2021) Analisis hukum islam dan peraturan daerah Kota Surabaya Nomor 7 Tahun 2012 terhadap sewa tempat pemakaman di TPU Keputih Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Moch Iqbal Rizki Maulana_C02217029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research). Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu melalui survei langsung dan wawancara kepada pihak yang terkait yakni pemerintah, pihak yang menyewakan atau mu’ajir dan penyewa atau musta’jir. Kemudian dianalisa dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu menggambarkan sesuatu hal dengan mengumpulkan data yang terkait dengan praktik sewa tempat pemakaman di TPU Keputih Surabaya kemudian dianalisa dengan menggunakan hukum Islam dan Peraturan Daerah Kota Surabaya nomor 7 tahun 2012 agar kemudian dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa praktik sewa tempat pemakaman di TPU Keputih ini sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Surabaya. Mulai dari prosedur pemakaman, larangan untuk memakai kijing atau bangunan pada makam, sampai penerapan retribusi juga sudah sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Surabaya. Namun pihak penyewa merasa keberatan dengan adanya biaya perawatan makam yang ditawarkan oleh paguyuban warga sekitar TPU Keputih karena mematok tarif yang cukup tinggi. Berdasarkan analisis hukum islam praktik sewa tempat pemakaman di TPU Keputih ini sah, karena semua rukun dan syarat ija>rah telah terpenuhi meski pihak penyewa merasa keberatan dengan biaya perawatan makam karena bagaimanapun biaya tersebut bersifat tidak wajib atau tidak memaksa. Sedangkan analisis Peraturan Daerah Kota Surabaya nomor 7 tahun 2012 adalah belum berjalannya dengan baik peraturan tersebut karena terdapatnya biaya lain yang tidak disebutkan dalam peraturan yaitu perawatan makam yang di tawarkan oleh paguyuban warga sekitar TPU Keputih dengan mematok tarif yang cukup tinggi sehingga dapat merugikan atau memberatkan pihak penyewa tempat pemakaman. Adapun saran bagi pihak TPU Keputih adalah mengajukan kerjasaman kepada paguyuban warga sekitar makam TPU Keputih yaitu warga Medokan Semampir dan Keputih Tegal dalam hal perawatan makam. Begitupula saran bagi pemerintah dalam hal ini adalah Pemerintah Kota Surabaya agar dapat memasukkan biaya perawatan makam dalam retribusi daerah dan disahkan dalam peraturan daerah agar dapat disesuaikan kembali mengenai tarif perawatan makam serta mempekerjakan paguyuban warga sekitar makam TPU Keputih dalam hal perawatan makam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Moch Iqbal Rizkimochiqbalrizki@gmail.comC02217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyadi, Imronimrosyad@yahoo.com2010036901
Subjects: Hukum Islam
Sewa
Keywords: Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 7 Tahun 2012; Sewa Tempat makam; Sewa menyewa; TPU Keputih.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Moch Iqbal Rizki Maulana
Date Deposited: 11 Apr 2021 06:27
Last Modified: 11 Apr 2021 06:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47445

Actions (login required)

View Item View Item